Zainudin Usulkan Ring Road Rajabasa Diperlebar

896
Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum

RAJABASA – Angin segar dalam pembangunan di Kabupaten Lampung terus berhembus. Terbaru, Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan buka-bukaan mengenai permintaannya kepada Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dalam rapat pimpinan daerah (rapimda) yang digelar kepala daerah se-Lampung bersama Gubernur, Selasa (1/3) malam, di Bandarlampung.
Dalam rapimda itu, Zainudin meminta agar Pemprov Lampung dapat memperlebar dan memperbaiki jalan lingkar pesisir (ring road pesisir) yang mengelilingi Gunung Rajabasa.
Jalan yang notabennya adalah jalan provinsi itu, menurut Zainudin merupakan jalan yang akan menunjang kawasan kepariwisataan.
“Saya sudah menggelar rapat terbatas bersama Gubernur Lampung tadi malam (kemarin malam’red). Mudah-mudahan, jalan keliling gunung ini segera di perlebar dan di perbaiki,”ungkap Zainudin dihadapan para peserta Musrenbangcam Rajabasa, di Balai Desa Way Muli, kemarin.
Kendati sudah membahasnya bersama Gubernur, Zainudin mengaku tak akan berpangku tangan. Pemkab Lamsel, kata Zainudin, akan menyiapkan berbagai tahapan untuk melakukan perbaikan infrastruktur tersebut.
Yakni, dengan memanfaatkan tanah yang tersisa pada bahu jalan. “Jika tidak dilebarkan, kita akan kesulitan melintas. Apalagi jika bus-bus besar mau kesini. Bisa macet,” ungkap dia.
Menurut Zainudin, pelebaran dan perbaikan jalan lingkar pesisir ini akan cepat bila didukung masyarakat Lamsel khususnya di Kecamatan Rajabasa. Karena itu, ia berharap masyarakat dapat mendukung rencana pembangunan pelebaran jalan provinsi tersebut.
Sebab, jika jalan lingkar pesisir sudah lebar masyarakat juga yang akan diuntungkan. Utamanya mengenai perekonomian akibat tujuan wisata yang meningkat.
“Nanti, kalau dibangun jangan marah ya bapak-bapak ibu-ibu sekalian. Selokannya kita tutup rapi dan dibangun trotoar. Jadi, masyarakat yang berjalan kaki sudah tersedia jalan khusus pejalan kaki,”imbuhnya.
Kepada awak media, Zainudin mengaku tidak akan menggusur lahan atau fasilitas milik masyarakat. Tetapi, akan memanfaatkan bahu jalan yang masih sedikit tersisa.
“Ya, sementara kita manfaatkan tanah yang ada di bahu jalan. Kan ini masih ada setengah sampai satu meter nih. Paling tidak, jalan keliling gunung ini sudah bisa untuk berpapasan kendaraan dari arah berlawanan,”pungkasnya. (idh)

BACA :  Revisi Perda Pajak; Senjata Capai Target PAD
BAGIKAN