Zulkifli Siap Jadikan Harabanjarmanis Lebih Maju

360

KALIANDA – Desa Harabanjarmanis, Kecamatan Kalianda merupakan desa yang baru di mekarkan di Ibu Kota Kabupaten Lampung Selatan. Dipimpin Zulkifli M. Kasim, dia berkomitmen untuk membawa desanya setara dengan desa lain yang sudah lebih dulu berkembang.

Berbagai pembangunan mulai tampak di Desa Harabanjarmanis melalui program dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat dengan anggaran yang cukup besar.

Pada tahun 2017 ini, jumlah anggaran yang diterima Desa Harabanjarmanis melalui ADD dan DD mencapai Rp1,19 miliar. Yang sebesar-besarnya telah dikucurkan untuk membangun infrastruktur jalan penghubung antar dusun dengan menggunakan rigid beton berspesifikasi K225.

BACA :  2021, Desa Pancasila Target 100 Persen Jalan Mulus

Kades Harabanjarmanis Zulkifli menegaskan, tahun ini pihaknya telah memprogramkan pengecoran jalan di Dusun I. Itu dilakukan agar tidak ada lagi jalan rusak sebagai akses warga menuju kantor desa.

“Kita akan membangun secara bergilir menyesuaikan anggaran yang ada. Tahun ini, kita baru bisa membangun rigid beton dengan volume 222 meter di dusun I. Dengan lebar jalan 2,5 meter dan tebalnya 15 centimeter. Dusun lainnya akan menyusul secara bertahap,”ungkap Zulkifli.

Selain itu, anggaran tersebut juga dialokasikan untuk membangun sabes di wilayah Dusun I dan II yang volumenya mencapai 700 meter. “Ini semua berdasarkan hasil kesepakatan bersama warga. Sisa anggarannya, akan kami bangun talut di dusun tersebut,”imbuhnya.

BACA :  Geliat Pembangunan Desa Kalisari

Lebih lanjut dia mengatakan, program pemberdayaan masyarakat juga tidak luput dari cakupan anggaran tersebut. Mulai dari pembinaan karang taruna, PAUD, PKK, RISMA dan berbagai pelatihan yang diperuntukkan meningkatkan perekonomian dan keterampilan warganya.

“Mudah-mudahan ini sebagai langkah awal bagi kemajuan desa. Karena, kita ketahui bersama Desa Harabanjarmanis adalah desa yang baru lahir. Namun, kami terus berupaya agar bisa menjadi desa yang maju dan mandiri,”pungkasnya. (idh)

BAGIKAN