128 Peserta di Kecamatan Ketapang Ikuti Lomba STQ

44
KETAPANG – Pemerintah Kecamatan Ketapang dan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat menggelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dihalaman kantor kecamatan setempat, Selasa (21/1/2020).
Sebanyak 128 peserta dari 16 desa di Kecamatan Ketapang mengikuti event tahunan menjelang lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Lampung Selatan yang rencananya dilaksanakan pada pertengahan bulan Februari mendatang.
Para peserta akan mengikuti seleksi empat golongan yang di perlombakan, yakni golongan Tartil Qur’an dengan usia maksimal 11 tahun, tilawah anak-anak dengan usia maksimal 13 tahun, tilawah remaja dengan usia maksimal 21 tahun dan tilawah dewasa dengan maksimal usia 40 tahun.
 
Kepala KUA Kecamatan Ketapang Ahmad Solihin mengatakan, para peserta yang mengikuti STQ tingkat kecamatan ini akan dipilih juara 1, 2 dan 3 untuk putra dan putri masing-masing golongan yang dilombakan. 
 
Menurutnya, setelah di tetapkan para pemenang masing-masing golongan untuk tingkat kecamatan, pihaknya akan memberikan pembinaan sebelum mengikuti lomba tingkat kabupaten pada Februari mendatang.
 
“Para peserta masing-masing desa terlebih dahulu mengikuti seleksi tingkat desa. Dari 17 desa hanya satu desa yakni Desa Sumbernadi tidak mengikuti karena warganya non muslim. Para peserta yang mengikuti seleksi tingkat kecamatan ini akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 untuk putra dan putri. Mereka yang juara akan diberikan hadiah dan piala. Sedangkan peserta yang berhasil juara umum dan juara 1 berhak mengikuti lomba ke jenjang selanjutnya yakni tingkat kabupaten,” papar Ahmad Solihin.
 
Mantan Kepala KUA Kecamatan Palas ini menambahkan, sejumlah prestasi yang pernah diraih peserta dari Kecamatan Ketapang ditingkat kabupaten adalah tilawah cacat netra tahun 2019 lalu dengan meraih juara 1 dan tilawah remaja. “Kami tidak menargetkan muluk-muluk yakni masuk lima besar,” pungkasnya.
 
Camat Ketapang Madro’i, SE mengatakan, Pemerintah Kecamatan Ketapang mengharapkan dari seleksi Tilawatil Qur’an ini menghasilkan bibit peserta yang mampu bersaing ketingkat selanjutnya yakni tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.
 
“Kami mengharapkan para peserta dari masing-masing desa benar- benar diseleksi dengan baik untuk mewakili Kecamatan Ketapang ke kejenjang berikutnya,” kata Madro’i.
 
Camat Ketapang yang akrab disapa bang Roy ini mengakatan, lomba MTQ tingkat kabupaten merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. ” Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan isi Al-Qur’an, meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah, meningkatkan kecintaan umat muslim terhadap Al-Quran dan melestarikan seni dan budaya Qur’an,” terangnya.
 
Madro’i menambahkan, lomba STQ tingkat Kecamatan Ketapang akan berlangsung selama dua hari. “Setelah terpilih juara 1 sampai 3 untuk putra dan putri mereka akan diberikan hadiah dan piala. Sedangkan juara umum dan juara 1 untuk putra dan putri akan diberikan pembinaan sebelum mengikuti lomba tingkat kabupaten,” paparnya.(man)
BAGIKAN