20 Dokter Magang Rampung Jalani Pengabdian di Lamsel

710

Zainudin : Jika Betah, Silahkan Menetap jadi Dokter Disini

KALIANDA – 20 dokter magang (internship’red) di Kabupaten Lampung Selatan dinyatakan selesai menjalankan pengabdian selama satu tahun bertugas disejumlah layanan kesehatan yang ada di Bumi Khagom Mufakat. Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan secara resmi melepas tenaga kesehatan tersebut di Masjid Bani Hasan Kalianda, kemarin.

Dalam kegiatan yang dihadiri Sekkab Lamsel Ir. Freddy Sukirman, Direktur RSUD dr. Bob Bazar, SKM Kalianda dr. Diah Anjarini serta para Asisten Setdakab Lamsel dan para Kepala OPD ini, Zainudin menghaturkan banyak terimakasih atas pengabdian yang telah diperbuat untuk masyarkat yang membutuhkan.

Menurutnya, satu tahun mereka berada di Lamsel sangat memberikan manfaat khususnya bagi para pasien yang notanbennya adalah warga kabupaten paling Selatan ini. “Saya pribadi mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini. Semoga jadi ladang amal untuk kalian semua,” ungkap Zainudin dalam arahannya.

Adik kandung Ketua MPR-RI H. Zulkifli Hasan ini berpesan, agar para dokter yang masih menjalankan study nya ini bisa terus mengasdah kemampuan dan terus mengabdikan diri kepada masyarakat dibidang kesehatan dimanapun mereka berada. Yakni, dengan cara memberikan pelayanan kesehatan kepada siapapun yang membutuhkan pertolongan.

BACA :  Rengkuh Penghargaan Turunkan Stunting

“Kalau toh dari 20 dokter ini ada yang cocok, senang dan betah disini, mau lanjut silahkan bisa kami prioritaskan. Nanti mungkin honor dulu, mudah-mudahan kedepan ada tes CPNS, akan kita dorong dan memberikan rekomendasi bagi kalian yang sudah magang di Lamsel,” tegasnya.

Direktur RSUD Bob Bazar Diah Anjarini menjelaskan, 20 dokter yang telah rampung menjalankan praktek kerja di Lamsel ini terdiri dari 5 Universitas baik dari wilayah Lampung, Jakarta bahkan Banda Aceh. Mereka, dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing menjalani praktek di RSUD maupun Puskesma secara bergiliran.

“Setiap kelompok masing-masing mendapatkan jatah magang di RSUD selama 8 bulan dan sisanya kami sebar di puskesmas. Pengamatan kami semuanya baik, tetapi memang masih ada yang kurang disiplin. Itu saja yang menjadi catatan,” kata Diah.

Dalam waktu dekat ini, imbuhnya, Lamsel bakal kembali memperoleh dokter internship yang jumlahnya sama seperti tahun lalu. “Mulai Senin depan sudah masuk lagi 20 dokter internship. Kami belum dapat datanya dari mana saja. Yang pasti mendominasi adalah dari Fakultas Kedokteran UNILA dan Malahayati Lampung,” pungkasnya.

BACA :  Pemprov Ajukan Pergub Pendanaan Sekolah

Sementara itu, perwakilan dokter internship dr. Riandes Roberta menyampaikan terima kasih kepada Bupati beserta seluruh jajaran Pemkab Lamsel yang telah memberikan perhatiannya selama mereka mengabdi. Sebab, sambutan yang diberikan oleh pemerintah saat menerima maupun melepas sangat berkesan.

“Kami tidak akan pernah lupa dengan sambutan yang diberikan kepada kami. Selama ini, kami juga sudah dibimbing, diperhatikan, dan juga dipermudahkan untuk segala urusan selama menjalankan tugas di Lamsel,” kata Riandes.

Dia berharap, perpisahan tersebut bukan akhir dari hubungan dan silaturahmi yang telah terjalin baik selama kurun waktu setahun terakhir. “Insya Allah sebagian besar dari kami akan berlanjut disni, hanya tinggal menunggu waktunya saja. Kalau diperbolehkan kami ingin mengabdikan diri di Lamsel,” pungkasnya. (idh)