200 Tong Sampah Disebar Pemerintah Desa Gayam

52
Randi Pratama - Aparatur Desa Gayam tengah menyusun ratusan tong sampah yang akan disebar di seluruh dusun.

PENENGAHAN – Pemerintah Desa Gayam mulai memperhatikan kebersihan lingkungan warganya. Rabu (23/9/2020), aparatur desa menebar sekitar 200 tong sampah ke seluruh dusun. Setiap dusun diberi tong sampah dengan jumlah yang berbeda-beda. Tergantung dari banyaknya kepala keluarga (KK) di dusun tersebut.

“Ada 1 tong untuk dua rumah, ada juga yang 1 tong untuk satu rumah. Tergantung kondisinya,” kata Kepala Desa Gayam, Hendri, kepada Radar Lamsel.

Hendri mengatakan dengan adanya tong tersebut, warga diharapkan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. Karena setelah penuh, aparatur desa akan memberi instruksi kepada petugas yang sudah ditunjuk untuk mengangkut sampah-sampah di tong tersebut.

BACA :  Ditlin Kementan Minta Petani RTL

“Skemanya begitu. Kalau sudah penuh, nanti diangkut mobil sampah. Kemudian petugas yang membakarnya,” katanya.

Hendri mengakui program tong sampah di desa Gayam masih memiliki kekurangan. Terutama masalah TPS (tempat pembuangan sampah) yang sampai saat ini masih digabungkan dengan desa Tetaan. Tetapi, kondisi tersebut tidak bisa menjadi alasan karena program kebersihan ini harus tetap dijalankan.

BACA :  Tipu-Tipu Gandakan Uang, Darsak Gasak Rp80 juta

“Ya, TPS-nya masih gabung sama Tetaan. Insyaallah tahun depan akan kami persiapkan, biar punya sendiri,” katanya.

Pemerintah Desa Gayam juga tengah mempersiapkan amunisi tambahan demi mensukseskan program kebersihan lingkungan. Jika terealisasi, pemerintah desa akan mengadakan 1 unit mobil khusus yang digunakan untuk mengangkut sampah. Pasalnya, mobil yang digunakan untuk mengangkut sampah sementara ini masih menyewa. (rnd)