297 Hektar Sawah 3 Kecamatan Terendam Air

24
Hamparan sawah di Desa Gunung Rejo yang terendam banjir.
GEDONGTATAAN – Akibat curah hujan yang tinggi, sekitar 297 hektar sawah di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Waylima, Kedondong dan Way Khilau terendam air yang merupakan dampak dari banjir.
“Kita tunggu tiga hari kedepan, apakah sawah yang terdampak banjir puso atau tidak,” ungkap Kabid Tanaman Pangan Andrianysah mewakili Kadis Pertanian Anca Martha Utama.N, Selasa (12/1).
Dikatakan, jika setelah tiga hari dan benar benar dinyatakan puso, pemerintah akan memberikan bantuan benih bagi petani yang padinya terkena puso melalui  cadangan benih.
“Karena biasanya hanya dilewati air dan nanti akan surut. Kita tunggu dalam tiga hari ini, mudah mudahan tidak puso,” ucapnya.
Sementara, lanjut Andri, bagi kelompok tani yang sudah dicover asuransi melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), akan diganti oleh pihak asuransi. Dimana pihak Jasindo akan melakukan verifikasi di lapangan jika terjadi puso untuk menentukan lahan yang akan diganti benihnya karena puso
“Bagi petani yang terdaftar asuransi, akan diganti oleh pihak Jasindo. Tapi kalau yang belum asuransi melalui cadangan benih,” pungkasnya. (esn)
Kecamatan.      Desa.      Terdampak (Ha)
Way Khilau.      Gunung Sari.   132
Way Khilau.      Kota Jawa.        35
Way Khilau.      Mada Jaya.       23
Kedondong.     Kertasana.         35
Way Lima.        Sindang Garut.  40
Way Lima.        Gunung Rejo      32
Sumber : Dinas Pertanian Pesawaran
BACA :  Bupati Dendi Buka Konsultasi Publik RKPD 2022