300 Personil Diterjunkan, Sanksi Tegas Menanti

106

Operasi Patuh Krakatau 2019

KALIANDA – Satuan lalulintas (satlantas) Polres Lampung Selatan mulai Kamis (29/8) kemarin menggelar Operasi Patuh Krakatau 2019. Gelar pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Lamsel AKBP. M. Syarhan dilaksanakan di GOR Way Handa Kalianda, kemarin.

Operasi Patuh Krakatau 2019 yang berlangsung selama 14 hari itu melibatkan 300 personil gabungan yakni Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Pol PP dan instansi lainnya yang secara serentak dilaksanakan se- Indonesia.

Operasi yang dimulai 29 Agustus hingga 11 September tersebut akan dilakukan di titik-titik tertentu. Selama pelaksanaan operasi tersebut ada delapan target sasaran pelanggaran yang akan ditindak selama pelaksanaan operasi patuh. Delapan sasaran itu adalah berkendaraan dalam keadaan mabuk, tidak menggunakan helm standar SNI, melawan arus, pengendara dibawah umur dan tidak menggunakan seat belt bagi pengguna kendaraan roda empat.

BACA :  ’Kuda-kuda’ KBM Tatap Muka

Selanjutnya, berkendaraan dengan kecepatan tinggi, kendaraan menggunakan lampu strobo dan menggunakan telepon saat berkendaraan.

Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syarhan mengatakan, pihaknya akan menindak pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Penindakan akan dilakukan kepada pengendara roda dua yang tidak menggunakan Helm SNI. Sedangkan untuk pengendara roda empat tidak memakai Safety Belt, pengendara yang melebihi batas kecepatan, berkendara dalam keadaan mabuk dan melawan arus.

“Pengendara di bawah umur, menggunakan HP saat berkendara, serta Kendaraan pribadi yang menggunakan lampu Rotator/Sirene juga akan dilakukan penindakan,” tegas Kapolres Lampung Selatan M Syarhan.

BACA :  Ikuti Prokes, Atau Dibubarkan Polisi

Kapolres menegaskan, sangsi tilang tidak hanya untuk para pelangar lalulintas saja, akan tetapi kendaraan yang menggunakan knalpot modifikasi/resing. “Kami juga akan melakukan sangsi tilang terhadap pengendara yang tidak menggunakan knalpot standar,” tegasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Lamsel AKP. Kasyfi Mahardika,S.IK menambahkan, pada hari pertama pelaksanaan operasi Patuh Krakatau 2019, jajarannya membagikan sedikitnya 50 helm standar kepada anggota Batalyon Natar dan Kompi Brimob Natar. “Kami membagi-bagikan helm standar kepada anggota Batalyon dan Brimob di Natar sebanyak 50 buah helm,” ujarnya. (man)