Antisipasi Longsor, Palas Aji Bangun Talud

783
Sofyan – Pemerintah Desa Palas Aji membangun talud untuk mengantisipasi banjir disaat musim hujan.

PALAS – Pemerintah Desa Palas Aji Kecamatan Palas membangun talud sepanjang 30 meter di sisi jalan desa setempat. Pembangunan talud itu dilakukan guna mengantisipasi longsor akibat pengikisan badan jalan akibat guyuran hujan. Selain itu pembangunan talud juga dilakukan guna mencegah kecelakaan pengguna jalan karena minim penerangan.
Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, pembangunan talud yang tingginya satu meter dengan lebar 50 cm itu menelan anggaran sebesar Rp 30 Juta yang bersumber dari Dana Desa tahun 2015.
Kepala Desa Palas Aji Kecamatan Palas Heri Susanto mengatakan pelaksanaan pembangunan talud tersebut merupakan kebutuhan desa yang disusun sesuai perencanaan desa. Mulai dari Musawarah Pembanguanan Desa (Musrenbangdes) dan Musawarah Pembanguanan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam).
“Iya. Anggarannya sebesar Rp 31 Juta,” kata dia kepada Radar Lamsel yang ditemui dilokasi pembangunan saat melakukan peninjauan, kemarin.
Selain itu heri juga menjelaskan, pembangunan tersebut juga bertujuan antisipasi pengikisan badan jalan yang diakibatkan guyuran air hujan yang menggenangi badan jalan serta sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan bagi pengendara pengguna jalan yang melintas.
“Jika musim hujan tiba jalan yang minim penerangan ini juga kerap di genangi air hujan, pada saat malam hari tentunya membahayakan bagi pengendara pengguna jalan,” kata Heri. (CW-2)

BACA :  Iuran BPJS Kesehatan Turun: Tunggu Perpres!