315 Capel Bakal Gugur Seleksi SMPN 1 Natar

65
Ilustrasi

NATAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online di SMP Negeri 1 Natar akan segera berakhir, total 635 calon siswa telah mendaftar dari berbagai macam SD di Kecamatan Natar.

Namun, pihak sekolah hanya akan menerima 320 siswa baru untuk Tahun Ajaran 2020/2021 hal itu dikarenakan terbatasnya ruangan dan tenaga pendidik.

Kepala SMPN 1 Natar Roslili mengatakan, 320 siswa dalam setiap angkatannya merupakan jumlah yang cukup banyak untuk level SMP Negeri. “Kami juga ingin maksimal, jadi percuma kalau siswa banyak hasilnya tidak maksimal,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Selasa (30/6).

BACA :  110 KK Desa Natar Dapat BLT

Menurutnya, penyeleksian calon siswa dilakukan sesuai petunjuk dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menerapkan zonasi, prestasi, afirmasi dan pindahan. “Jadi dari empat jalur ini 50 persen dari zonasi, peluang siswa yang berasal dari rayon SMPN 1 Natar sangat terbuka luas, kemudian jalur prestasi 30 persen, Afirmasi 15 persen dan terakhir pindahan 5 persen,” urainya.

Ia menambahkan, secara jadual pengumuman siswa yang lolos akan dilakukan secara online pada 3 Juli 2020 mendatang sementara Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan digelar 13 Juli 2020. “Jadualnya sih sudah ada, tetapi bagaimana tekhnis KBMnya kami belum tahu, belum ada arahan dari Dinas Pendidikan,” terangnya.

BACA :  KPM BLT Diminta Menahan Diri di Sosmed

Ia berharap, siswa-siswa yang belum beruntung untuk masuk ke SMPN 1 Natar agar tidak berkecil hati sebab masih banyak sekolah-sekolah unggulan lainnya. “Kami juga ingin menerima semua pendaftar, tetapi bagaimana kondisi sekolah tidak memungkinkan menampung 600 siswa dalam satu angkatan,” pungkasnya. (Kms)