40 Sapi dan 3 Kambing Siap Dikurbankan

35
ILUSTRASI

KALIANDA – Pemkab Lampung Selatan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan sholat berjamaah Idul Adha 1441 Hijriah, dengan mematuhi protokol kesehatan. Rencananya, Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto juga akan menunaikan sholat di Lapangan Korpri Pemkab, Jum’at (31/7) besok.

Hal ini terungkap dalam rapat pemantapan dalam memperingati Hari Idul Adha 1441 Hijriah yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Lamsel, Supriyanto, S.Sos, MM, Rabu (29/7) kemarin.

Dia menegaskan, sholat berjamaah dalam peringatan Idul Adha tahun ini bakal dilaksanakan di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel. Pihaknya, telah berkoordinasi dengan jajaran Taqmir Masjid Agung Kalianda sebagai pelaksana kegiatan tersebut.

“Namun, tetap kita terapkan protokoler kesehatan di tengah pandemi covid-19 ini. Agar tidak mengganggu kekhusyu’an dan kegembiraan kita semua dalam menjalankan ibadah pada hari besar Idul Kurban ini,” ungkap Supriyanto usai rapat, kemarin.

Dalam pelaksanaannya, tambah Supriyanto, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh unsur terkait. Khususnya, dalam penerapan protokol kesehatan para jamaah yang ikut menunaikan sholat di lapangan Korpri.

BACA :  Sengketa Pasar Bumirestu, BPN Kedap Informasi

“Seperti Satuan Polisi Pamong-Praja, Dinas Kesehatan, dari TNI/Polri juga sudah kita koordinasikan semua. Kita ingin semua berjalan lancar dan tidak malah menjadikan klaster baru dalam penyebaran virus corona,” imbuhnya.

Dia menerangkan, setiap jamaah yang hadir akan diperiksa oleh petugas kondisi suhu tubuhnya. Selain itu, yang paling penting adalah setiap jamaah wajib menggunakan masker saat datang ke tempat sholat berjamaah.

“Ada empat pintu masuk nantinya kita buat sebagai jalur utama. Disana sudah disiagakan petugas dari berbagai unsur terkait. Selain ada tempat cuci tangan, handsanitazer juga tak lupa suhu tubuh kita akan di periksa,” tutupnya.

Terpisah, Plt. Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdakab Lamsel, Drs. A. Kholil. S mengatakan, pada peringatan Hari Raya Kurban tahun ini pemkab Lamsel berhasil mengumpulkan sebanyak 40 ekor sapi dan tiga ekor kambing. Rencananya, sebanyak 17 ekor bakal disembelih di wilayah kecamatan dan sisanya diserahkan kepada panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung Kalianda.

BACA :  Lamsel Punya Kapolres dan Dandim Baru

“Nanti Pak Bupati langsung yang akan menyerahkan hewan kurban ini setelah selesai sholat Idul Adha. Tentunya, hewan kurban dari jajaran OPD ini sudah dipastikan sehat karena telah diperiksa dan mendapat rekomendasi dari jajaran DinasPeternakan dan Kesehatan Hewan,” kata Kholil.

Untuk khotib pada sholat Idul Adha tersebut, imbuhnya, pihaknya masih melakukan komunikasi dengan sejumlah ustad desa. Karena, permintaan dari Bupati H. Nanang Ermanto untuk memberdayakan para ulama asli warga Lamsel.

“Ada beberapa pilihan yang sudah kita coba hubungi. Besok mungkin sudah ada jawaban dan akan kita sampaikan kepada rekan-rekan media. Karena, Pak Bupati kita ingin penceramah atau khotib dalam kegiatan sholat ini adalah para ulama atau ustad yang berasal dari desa-desa di wilayah timur,” pungkasnya. (idh)