400 Personil Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Lamsel

230

KALIANDA – Kepolisian Resor Lampung Selatan akan menyiapkan sekitar 400 personil untuk menghadapi operasi Lilin Krakatau 2018 ini. Ratusan personil dari unsur Polri ini akan bertugas mengamankan liburan akhir tahun Natal dan tahun baru di sejumlah titik di Lampung Selatan.

Selain dari Polri, operasi yang akan berjalan hingga Januari 2019 itu juga dibantu oleh unsur TNI, dinas dari Pemkab Lamsel dan instansi seperti Sentra komunikasi (Senkom) dan Pramuka. Ratusan personil gabungan ini akan menjalankan tugas keamanan di sejumlah titik seperti rumah ibadah, tempat hiburan rakyat dan jalur kendaraan.

Kapolres Lamsel AKBP. M. Syarhan, S.IK mengatakan, pengerahan ratusan personil tersebut menjadi bukti bahwa keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas pada libur akhir tahun ini. Syarhan mengatakan, seluruh titik akan menjadi fokus pengamanan.

BACA :  13 PAC Muslimat NU Lamsel di Lantik

“Ini prioritas bagi kami yang akan mengamankan jalur lintas tengah dan lintas timur, serta mengamankan tempat hiburan rakyat. Gereja juga tak luput dari pantauan kami,” katanya kepada Radar Lamsel di Mapolres Lamsel, Senin (10/12).

Syarhan melanjutkan, selain kesiapan personil, pihaknya menyiapkan sarana dan prasarana lain dengan mendirikan pos pantau di lintas timur dan tengah yang akan dilalui para pemudik. Mantan Kapolres Pesawaran ini menegaskan bahwa pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin mengamankan dan mengawal berbagai kegiatan tahun ini.

“Polres Lamsel akan all out mengamankan dan mengawal kegiatan Natal dan tahun baru. Kami akan fokus ke semua titik, semua jadi prioritas karena masyarakat yang berlibur antar pulau aman. Gereja juga akan dipantau untuk kegiatan misa,” katanya.

BACA :  Mulai Dibahas di Kementerian, Natar Masuk RDTR Perkotaan di Lamsel

Mengenai kemungkinan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan digunakan pemudik untuk pergantian tahun, Syarhan mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan skenario lalu lintas. Alumnus Akpol 1999 ini mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pengamanan jalur tol.

“ Karena jalan tol di Lampung cukup panjang. Keinginan bapak presiden, libur Natal dan tahun baru jalan tol sudah bisa dilewati. Nanti kita akan koordinasi dengan penyelenggara. Khususnya di Hatta sampai Bakauheni sudah bisa dilalui ya, kalau di jalur lain kita menunggu dari penyelenggara,” katanya. (rnd)

BAGIKAN