47 Pedagang Clear, 20 Lainnya Ditertibkan Hari Ini

871
Veridial – Sebanyak 47 pedagang dikumpulkan oleh Tim formatur penataan pasar Sidomulyo di Aula Kecamatan setempat, Selasa (14/2).

SIDOMULYO – Tim formatur bergerak cepat mengurai persoalan yang terjadi di pasar rakyat Sidomulyo. Tahapan awal menata ulang 47 pedagang berjalan sesuai skema yang diterapkan. Selanjutnya penataan 20 pedagang lainnya diproyeksikan berlangsung hari ini, Kamis (16/2).

Informasi yang dihimpun Radar Lamsel, dari total 47 pedagang hanya dua orang yang absen saat penertiban ulang tersebut. Umunya seluruh pedagang setuju dengan keputusan pemerintah yang mengembalikan keputusan awal, dan 47 pedagang itu mendapat masing-masing dua kios.

Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Edy Firnandi, M.Si mengatakan, komitmen para pedagang yang disampaikan beberapa waktu lalu kini sudah terealisasi. Masalah pasar yang berlarut-larut menyita perhatian selam kurun waktu sembilan bulan bisa segera tuntas dengan pembagian kios untuk para pedagang.

BACA :  Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Agendakan Verifikasi Pesawaran

“Untuk memudahkan penataan, 47 pedagang didahulukan agar teknis dilapangan berjalan sesuai skema. Sementara 20 kios sisanya akan kembali diundi kepada para pedagang, dan jumlahnya pas,” ujar Edy saat menemui 47 pedagang di Aula Kecamatan Sidomulyo, Selasa (14/2) kemarin.

Hal senada juga dikatakan Asisten Ekobang Mulyadi Saleh. Menurutnya, baik 47 pedagang maupun 20 pedagang semuanya adalah masyarakat Sidomulyo. Dengan ditetapkannya 47 pedagang mendapatkan masing-masing dua kios ini menandakan progres yang baik.

“Intinya semua mendapatkan hak yang sama, dengan pembagian kios tersebut, selebihnya perjanjian yang sudah disepakati harus dipegang teguh oleh para pedagang,” kata Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan ada dua orang pemilik kios yang absen pada acara tersebut, terpaksa penandatanganan perjanjian tidak dapat diwakilkan. Namun kesimpulannya semua berjalan dengan lancar dan para pedagang tinggal menunggu Hak Guna Pakai (HGP).

BACA :  Gubernur Minta Pemkab Serius PPKM Mikro

Sementara itu Camat Sidomulyo Affendi, SE, mengharapkan langkah yang digencarkan oleh tim formatur dapat berjalan sesuai rencana. Sebab, polemik berkepanjangan dapat menghambat kelangsungan ekonomi bagi para pedagang itu sendiri.

“Kalau tidak segera diselesaikan, yang rugi tentu pedagang itu sendiri, sembilan bulan pasar mangkrak. Tentu ini menjadi hal yang miris, hal ini belum bisa dikatakan selesai sebelum 20 pedagang lainnya dirampungkan penataannya” imbuhnya.

Dibagian lain Kepala Desa Sidorejo Tomy Yulianto mengapresiasi langkah konkrit Tim formatur. Dari penyelesaian 47 pedagang ini menjadi cikal-bakal permulaan yang baik untuk roda perekonomian di Sidomulyo. “Setelah 47 ini 20 akan direncanakan hari ini red,” tandasnya. (ver)