48 Sekolah Dimonitoring Awal Januari

44
ILUSTRASI

PALAS – Sebanyak 38 sekolah dasar dan 10 sekolah menengah pertama di Kecamatan Palas bersiap menerapkan kegiatan belajar tatap muka pada 4 Januari mendatang.

Persiapan kegiatan belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19 itu, hingga saat ini juga masih terus di evaluasi oleh Tim Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Palas, untuk memastikan kesiapan sarana dan sarana di lingkungan sekolah demi menghindari penularan virus corona itu.

Sekretaris Satgas Pencegahan Covid-19 Kecamatan Palas Dermawan menjelaskan,  monitoring kesiapan sarana dan prasarana di 38 sekolah dasar dan 10 sekolah menengah itu akan dilakukan dua hari sebelum kegiatan belajar tatap muka dimulai.

“Monitoring akan kita lakukan pada tanggal 2 dan 3 Januari mendatang. Total ada 48 sekolah yang terdiri dari 38 sekolah dasar dan 10 sekolah menengah pertama yang akan dipantau Tim Satgas Covid-19,” ujar Dermawan memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, saat ditemui di ruang kerjanya Senin (28/12) kemarin.

Sekretaris Camat Palas itu menjelaskan, dalam monitoring itu ada beberapa item yang akan dipantau. Diantaranya sarana tempat mencuci tangan, kamar mandi. Kemudian sekolah juga harus menerapkan pemeriksaan suhu sebelum memasuki lingkungan sekolah, dan mewajibkan pemakaian masker kepada siswa.

“Yang utama pada monitoring ini nanti yaitu sarana tempat cuci tangan, kamar mandi. Kemudian penerapan pemeriksaan suhu tubuh dan wajib pakai masker juga harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, sambung Dermawan, pada kegiatan belajar tatap muka, jaga jarak juga harus dilakasanakan. Ada kemungkinan kegiatan belajar-mengajar dibagi menjadi dua waktu, pagi dan sore. Serta kantin sekolah juga belum diizinkan untuk beroprasi.

“Jumlah pelajar dalam kelas akan dibatasi. Maka ada kemungkinan kegiatan belajar dibagi pagi dan sore. Siswa juga dianjurkan membawa bekal dari rumah, karena kantin tidak boleh buka. Semua ini harus diterapkan, jika tidak sekolah tidak bisa mengikuti kegiatan bejar tatap muka,” pungkasnya. (vid)