487 Korban Puting Beliung Dapat Bantuan

630
Veridial – Pj. Sekkab Lamsel Erlan Murdianto menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang rumahnya terkena angin puting beliung beberapa bulan lalu, acara penyerahan itu berlangsung dihalaman Kantor Kecamatan Katibung, Rabu (1/6).

KATIBUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengucurkan bantuan kepada korban puting beliung di Kecamatan Katibung.
Sebanyak 487 kepala keluarga (KK) dari empat desa mendapatkan bantuan atas bencana puting beliung yang terjadi awal April 2016 lalu. Yaitu dari Desa Tanjungan, Tanjungratu, Tanjungsari dan Sukajaya.
Penyerahan bantuan itu dilakukan Pj. Sekkab Lamsel Ir. Erlan Murdiantono mewakili Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan di halaman kantor Kecamatan Katibung, Rabu (1/6).
Pemkab Lampung Selatan, kata Erlan, ikut bersimpati dengan musibah yang dialami masyarakat Lamsel atas bencana puting beliung. Karena itu, Pemkab Lamsel mengucurkan bantuan berupa tali asih sebagai bentuk keprihatinan atas musibah yang terjadi. “Seluruh korban, akan diberikan bantuan,” katanya.
Erlan juga memastikan, Pemkab Lamsel tak akan diam dan akan cepat menindaklanjuti setiap kejadian bencana yang merugikan masyarakat. “Kita tetap harus waspada. Siapapun tidak menghendaki adanya musibah. Harapan saya bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan masyarakat,” ungkap dia.
Sementara itu dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamsel Drs. H. Muhammad Darmawan, M.M mengatakan saat puting beliung terjadi pihaknya langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP). “Saat itu pihak kami langsung meninjau lokasi yang terkena bencana,” kata dia kepada Radar Lamsel.
Dikatakannya, sebanyak 487 kepala keluarga yang sudah didata berhak mendapatkan bantuan tersebut. “Ada 487 KK yang mendapat bantuan,” ujarnya.
Saat ditanya berapa besaran nilai yang diberikan kepada para korban, Darmawan mengaku tidak mengetahui secara detail. “Satahu saya ratusan juta lebih. Besarannya berbeda-beda tergantung pada kerusakan rumah yang dialami.
“Untuk tiap penerima juga berbeda, tergantung dari kerusakan rumah yang terkena puting beliung. Jika rusaknya parah, tentu bantuannya juga berbeda,” katanya lagi.
Hal itu juga diamini oleh Camat Katibung Hendra Jaya. Dia mengaku bersyukur karena masyarakat sudah menerima bantuan tersebut. Hendra juga berharap bantuan tersebut agar dipergunakan dengan baik. (ver)

BACA :  Truk Terbakar di Jalinsum Desa Kuripan