69 KK Korban Bencana Alam Dapat Logistik

179
Shofyan Apriyanysah - Kadinsos Pemkab Lamsel, Dul Kahar didampingi staff dan Camat Sidomulto, Rendy Eko Supriyanto, secara simbolis, menyalurkan bantuan sembako, bagi korban banjir dan puting beliung di balai Desa Sidowaluyo, Kecamatan setempat, Selasa (31/3).

SIDOMULYO – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, menyalurkan bantuan sembako kepada 69 Kepala Keluarga (KK), korban terdampak banjir dan puting beliung di Desa Sidowaluyo dan Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, Selasa (31/3).
Sembako berupa beras, minyak goreng, susu, mie instan, sarden dan roti, didistribusikan kepada 69 KK terdampak banjir dan angin puting beliung itu, secara simbolis diserahkan langsung oleh Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Lampung Selatan, di balai Desa Sidowaluyo.
Petugas BPBD Kabupaten Lampung Selatan Anton Wijaya mendampingi Kepala BPBD Lamsel Darmawan mengatakan, penyaluran berupa paket sembako tersebut, merupakan bentuk kepedulian Pemkab Lamsel terhadap warga terdampak banjir dan angin puting beliung di desa tersebut.
” Mohon diterima pak bantuan ini, jangan dilihat dari nilainya. Ini merupakan bentuk respon cepat Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto terhadap warga disini yang tertimpa musibah, ” ungkap Anton Wijaya saat menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir dan puting beliung di balai desa Sidowaluyo.
Ia pun menyapaikan dukungan moril terhadap warga terdampak banjir dan angin puting beliung untuk tetap kondusif dan sabar dalam menerima musibah tersebut.
” Saya atas nama Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto menyampaikan rasa ikut perihatin atas musibah ini. Terkait, kerugian materil warga, kami berupaya mendata, kemudian akan kami sampaikan kepada Pemkab Lamsel, ” ucapnya.
Sementara, Kepala Desa Sidowaluyo, Haroni mengatakan, pihaknya atas nama masyarakat mengucapakan terimakasih atas respon tanggap Pemkab Lamsel, terhadap warga terdampak banjir dan angin puting beliung didesanya.
” Saya atas nama warga mengucapkan terimaksih banyak atas besarnya perhatian Pak Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto yang tanggap terhadap masyarakatnya yang sedang dirundung musibah ini, ” kata Haroni.
Terpisah, Kepala Desa Sukamarga Siadiantori, A. Md pun mengatakan hal serupa.” Kami atas nama Pemdes Sukamarga mengucapkan terimaksih atas bantuan yang telah diberikan oleh Pemkab Lamsel ini,” ujarnya.
Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya bersama warga setempat, masih berupaya bergotong-royong  memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak.
” Bersukur peristiwa angin puting beliung yang menerjang desa Sukamarga pada Senin sekitar pukul 16.00 WIB itu tidak menelan korban jiwa. Saat ini kami bersama warga masih berupaya bergotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak, ” katanya.
Data sementara sambungnya, kerugian materil yang dialami warga terdampak musibah banjir dan angin puting beliung itu, ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
” Ya, rumah warga yang rusak atap dan tembok dan ada satu rumah warga di Desa Sukamrga dan Sidowaluyo yang ambrol. Diperkirakan kerugian materil yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah, ” terangnya.
Kepala Puskesmas Rawat Inap (PRI)  Sidomulyo, dr. Rocky Sihombing mengatakan, menyikapi peristiwa banjir dan angin puting beliung tersebut, pihaknya telah melakukan pemantauan dilokasi.
” Dari hasil pemantauan sementara, belum perlu di siagakan posko kesehatan. Sebab, kondisi kesehatan warga masih baik,” kata dia.
Meski demikian pihaknya terus memonitoring kesehatan warga dengan berkoordinasi bersama pihak desa.” Puskesmas Sidomulyo pun siaga, ketika swaktu-waktu dibutuhkan dilapangan dengan berkoordinasi bersama Pemdes setempat, ” pungkasnya.(CW2)