70 Pemandu Wisata Lamsel Dapat Pelatihan

681
Iwan J Sastra – Kepala Disparbud Lamsel Fauziah Arief,S.H membuka acara pelatihan pemandu wisata dan sapta pesona yang berlangsung di Wisma Belerang Kalianda, Senin (25/7) kemarin

KALIANDA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Lampung menggelar pelatihan bagi pemandu wisata dan sapta pesona Lampung Selatan bertempat di Wisma Belerang, Kalianda, Senin (25/7).
Pelatihan yang diikuti sebanyak 70 orang pemandu wisata dan Sapta Pesona Lamsel yang terdiri dari anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan perwakilan SKPD lingkup Pemkab Lamsel itu, dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta keterampilan bagi para pemandu wisata, dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata yang ada di kabupaten berjuluk gerbang krakatau ini.
Kepala Disparbud Lamsel Fauziah Arief, S.H menyampaikan, acara pelatihan pemandu wisata dan sapta pesona ini memiliki arti penting bagi para pemandu wisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.
“Pemandu wisata itu memiliki peran yang sangat penting guna memajukan dunia kepariwisataan. Mereka (pemandu wisata, red), memiliki kewajiban untuk memberikan petunjuk dan informasi yang pastinya sangat dibutuhkan oleh wisatawan yang berkunjung,” ujar Fauziah.
Dijelaskannya, dalam pelatihan yang menghadirkan pemateri dari Disparbud Provinsi Lampung itu, para peserta pelatihan diberikan berbagai macam materi diantaranya pengenalan objek-objek wisata, bentuk pelayanan terhadap wisatawan serta penerapan prinsip Sapta Pesona.
“Wisatawan itu butuh panduan dan arahan agar memperoleh apa yang diinginkannya, dan tugas pemandu wisata adalah menemani, membimbing, menyarankan dan melayani para wisatawan yang membutuhkan panduan atas ketidaktahuan tentang objek wisata yang akan dikunjugi,” jelasnya.
Seorang pemandu wisata juga, lanjut Fauziah, harus mampu menerapkan prinsip sapta pesona, dimana sapta pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan guna menarik minat wisatawan agar berkunjung ke Kabupaten Lampung Selatan.
“Kami berharap kegiatan pelatihan bagi para pemandu wisata ini dunia kepariwisataan kita akan menjadi lebih maju dan berkembang, dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung,” harapnya. (iwn)

BACA :  Hati-hati Parkir di RSUD Bob Bazar
BAGIKAN