740 Pelamar CPNS Lamsel Dinyatakan Gugur

469

KALIANDA – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Daerah (BKPLD) Lampung Selatan menyatakan sebanyak 740 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kabupaten ini dinyatakan gugur dalam verifikasi berkas.

Artinya, sampai dengan batas akhir verifikasi berkas CPNS 2018 Sabtu (20/10) dari total pelamar sebanyak 7.121 hanya 6.381 pelamar yang memenuhi syarat.

Kepala BKPLD Lampung Selatan Akar Wibowo mengatakan, total jumlah pendaftar yang masuk sebanyak 7.121 pelamar. Kemudian saat tahapan seleksi berkas administrasi yang memenuhi syarat hanya 6.381 saja. “Dari jumlah tersebut sebanyak 740 tidak lulus verifikasi administrasi,” kata dia kepada Radar Lamsel, Minggu (21/10).

Akar mengatakan, ada beberapa kekurangan pendaftar yang tidak lulus verifikasi administrasi. Seperti kesalahan dalam pengiriman syarat berkas serta tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pusat.

BACA :  Galang Koin untuk Muktamar NU ke-34

“Misalnya yang dimintakan hasil scan ijazah asli lalu yang dikirim hasil scan foto copy ijazah. Ada pula yang salah dalam menuliskan surat lamaran yang seharusnya tulis tangan namun diketik,” terangnya.

Selanjutnya, kata Akar, pendaftar yang telah dinyatakan lolos verifikasi administrasi akan dikirimi nomor ujian oleh admin di portal sscn.bkn.go.id, nantinya peserta yang telah mendapatkan nomor tersebut diharuskan mencetak atau mem-printout sebagai bukti lolos verifikasi berkas.

“Untuk pendaftar yang lulus seleksi administrasi akan dikirim nomor untuk mengikuti ujian ke admin di portal sscn.bkn.go.id selanjutnya harus dicetak oleh yang bersangkutan,” kata Akar.

Masih kata Akar dengan data final verifikasi adminsitrasi. Praktis, peta persaingan CPNS Lamsel akan semakin mengerucut dan sengit. Pasalnya 740 pelamar yang gugur sudah dipastikan tidak akan lanjut tahapan seleksi CPNS.

BACA :  Puluhan Rumah di Pantai Mutun Terendam Banjir Rob

“Makin kesini peta persaingan semakin mengerucut, ada 354 formasi CPN yang akan diperebutkan oleh 6.381 pelamar. Kemudian jumlah tersebut akan kembali berkurang usai seleksi selanjutnya,” imbuhnya.

Data yang dihimpun BKPLD Lamsel, pendaftar guru sebanyak 3.388 orang yang lulus verifikasi administrasi sebanyak 3.015 orang sedangkan 373 tidak lulus. Untuk tenaga kesehatan yang mendaftar 1.663. Yang lulus 1.599. Yang tidak lulus 64 orang.

Sedangkan untuk tenaga teknis yang mendaftar 2.058 pelamar. Lulus verifikasi administrasi 1.755. Dan yang tidak lulus verifikasi administrasi sebanyak 303 pelamar. Sementara dari tenaga honorer K2 dengan jumlah pendaftar 12 orang semuanya dinyatakan lolos verifikasi administrasi. (ver)