8.964 Calon KPM PKH Divalidasi

109
David Zulkarnain – Pendamping PKH Desa Suka Mulya, Kecamatan Palas Nurhidayah sedang memotret salah satu Calon Keluarga Penerima Manfaat (CKPM) bantuan PKH dalan proses validasi, Rabu (22/7).

PALAS – Sejumlah Calon Keluarga Penerima Manfaat (CKPM) Program Keluarga Sejahtera (PKH) di sejumlah desa wilayah Kecamatan Palas mulai divalidasi pada pekan ini.

Pada tahun 2020 ini untuk wilayah Kecamatan Palas setidaknya ada 656 CKPM yang akan diseleksi menjadi penerima bantuan sosial dari Kementerian sosial tersebut.

Salah satu desa yang mulai melakukan validasi CKPM PKH ini yaitu Desa Suka Mulya. Pendamping PKH Desa Suka Mulya Nurhidayah mengatakan, pada tahun ini terdapat 45 CKPM yang mulai divalidasi.

“Pekan ini semua desa memang sudah mulai melakukan validasi calon KPM PKH. Salah satunya yaitu Mekar Mulya sebanyak 45 CKPM  dan desa Pulau Tengah ada 11 CKPM,” ujar Nurhidayah ketika melakukan validasi di Desa Sukar Mulya, Rabu (22/7) kemarin.

Nurhidayah menjelaskan, untuk di Desa Mekar Mulya dan Desa Pulau Tengah sebagian besar CKPM diambil dari data perluasan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sementara sisanya dimbil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA :  Bantuan Unggas Disalurkan Pekan Depan

“Meski semua sudah divalidasi tapi CKPM ini belum tentu menjadi KPM PKH. Sebab selanjutnya masih ada tahap verifikasi dari pusat, Kemerinterian sosial,” sambungnya.

Sementara itu Kordinator Pendamping PKH Kecamatan Palas Doni Kurniawan mengungkapkan,  pada tahun ini Kecamatan Palas mendapatkan kuota CKPM sebanyak 656 keluarga.

Validasi CKPM yang ada di 21 Desa di wilayah Kecamatan Palas mulai dilakukan secara serentak pada pekan ini.

“Pekan ini memang sudang mulai dilakukan validasi. Pada tahun ini KPM PKH total ada 3.540 KPM. Sementara calon KPM baru sebanyak 656 keluarga,” terangnya.

Sementara itu Kordinator Pendamping PKH Kabupaten Lampung Selatan Darsudin menjelaskan, penambahan kuota KPM PKH ini untuk menggenapkan kuota nasional yang sebelumnya telah mengalami pengurangan kerena pengunduran KPM.

BACA :  Pokmas Tampik Surat Sanggahan

“Validasi CKPM ini memang dilakukan secara nasional. Ini dilakukan untuk menggenapi jumlah KPM se-Indonesia yang berjumlah 10 juta karena sebelumnya ada penguduran KPM,” ucap Darsudin saat dihubungi Radar Lamsel melalui sambungan telepon.

Saat ini jumlah KPM PKH di Lampung Selatan sebanyak 54.253 KPM. Semetara, julah CKPM yang tengah divalidasi sebanyak 8.964 keluarga.

“Saat ini semua CKPM  yang ada di wilayah kecamatan sedang sedang di validasi. Data ada yang diambil dari Perluasan BPNT penanggulangan Covid ada juga DTKS. 8.964  CKPM ini masih akan seleksi sesuai apak masuk kriteria PKH seperti lansia, balita, anak sekolah, dan ibu hamil,” tutupnya. (vid)