9 Desa di Kecamatan Palas Sudah Miliki Perpusseru

1000

PALAS – Sembilan desa di Kecamatan Palas sudah memiliki Perpustakaan seru (Perpusseru) sesuai yang dicanangkan Pemkab Lamsel yakni setiap desa memiliki Perpuserru. Desa-desa yang sudah memiliki Perpusseru adalah Desa Mekar Mulya, Bandanhurip, Palas Pasemah, Palas Jaya, Bumi Asri, Pulau Jaya, Rejomulyo, Tanjung sari dan Tanjung Jaya.
Camat Palas Rikawati mengatakan, Kecamatan Palas memiliki 21 desa. Dari 21 desa itu, kata Rikawati, baru 9 desa yang sudah memiliki Perpusseru sesuai program Bupati Lamsel H. Zainundin Hasan.
“Sampai saat ini baru 9 desa yang sudah memiliki Perpustakaan seru desa,” kata Rikawati kepada Radar Lamsel usai menghadiri acara sosialisasi pembinaan DD dan ADD tahun anggaran 2017 di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Penengahan, kemarin.
Lebih lanjut Rikawati mengatakan, dari 9 desa yang sudah memiliki Perpusseru, 7 diantaranya sudah memiliki fasilitas lengkap seperti buku-buku, komputer dan akses internet. “Untuk Desa Tanjung Sari dan Desa Tanjung Jaya baru memiliki fasilitas buku saja,” tambah Rika.
Lebih jauh dia menjelaskan, demi menunjang sarana dan prasarana Perpusseru yang fasilitasnya belum memadai di dua desa itu, pihaknya akan segera mengajukan proposal bantuan komputer kepada Pemkab Lamsel.
“Rencananya akan kami ajukan dalam minggu-minggu ini. Karena fasilitas seperti komputer dan internet sangat penting demi menambah informasi dan pengetahuan,” ujarnya.
Pemerintah Kecamatan Palas, kata Rika, akan terus berupaya mewujudkan seluruh desa di kecamatan itu memiliki perpustakaan seru desa (Perpusseru desa) pada tahun 2017 ini. “Sesuai dengan program bapak Bupati Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum yang menginginkan seluruh kecamatan dan desa harus memiliki perpusseru. Target kita adalah mewujudkan semua itu,” pungkasnya. (rnd)

BACA :  Hipni Terganjal Melin