Ada Pasien di Ruang Covid-19 RSUD Bob Bazar

315

Radarlamsel.com, KALIANDA – Tim Gugus penanganan covid-19 atau virus corona Lampung Selatan dikabarkan sedang menangani satu warga Lamsel yang baru pulang dari Jakarta, datang ke RSUD dr. Bob Bazar dengan kondisi batuk.

Statusnya Orang Dalam Pantauan (ODP) namun gadis tersebut dikabarkan menjadi penghuni pertama ruang observasi yang ada di RSUD plat merah kebanggaan Lampung Selatan ini. Berdasarkan track recordnya ia merupakan karyawan Bank di Jakarta, disana satu rekan kerjanya dikabarkan terjangkit covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan dr. Jimmy Bagas Hutapea mengatakan tim medis sudah melakukan pemeriksaan terhadap pasien tersebut dengan kondisi batuk namun tanpa demam.

“ Sudah diperiksa tim medis RSUD Bob Bazar, yang bersangkutan memang ada batuk tapi tidak dengan demam. Statusnya ODP, diobservasi di ruang covid-19 yang disediakan RSUD Bob Bazar,” Kata juru bicara covid-19 Lampung Selatan, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Lamsel, Senin (23/3).

Tim medis terus melakukan pergerakan guna memutus mata rantai penyebaran covid-19. Informasi yang dihimpun, selain seorang gadis yang pernah bekerja di salah satu Bank di Jakarta, satu orang lainnya dari kecamatan di Lampung Selatan juga sedang dalam perjalanan untuk mengecek kondisinya di RSUD Bob Bazar.

BACA :  Galang Koin untuk Muktamar NU ke-34

“ Kalau yang dari Jakarta itu sudah kita periksa kondisinya, sekarang masih dipantau terus perkembangannya. Satu lagi sedang dalam perjalanan untuk mengecek kondisi juga,” jelasnya.

Sementara keterangan dokter di Puskesmas yang menangani gadis tersebut menjelaskan, kondisi batuk-batuk yang dialami gadis itu sudah berlangsung selama dua minggu. Dokter yang identitasnya enggan dipublikasikan ini menjelaskan seharusnya gadis itu sudah ditetapkan sebagai PDP, alasannya karena satu rekan kerjanya di Jakarta sudah positif covid-19.

“ Pulang tadi malam, langsung periksa di puskesmas. Batuknya sudah dua minggu, seharusnya sudah PDP kalau ada rekannya disana yang sudah positif covid. Kami langsung arahkan ke RSUD Bob Bazar,” terang dokter yang menangani kondisi wanita lajang itu pertama kali.

Terpisah, salah satu kepala puskesmas di Lampung Selatan juga mengatakan ada satu pasien yang baru pulang dari Jakarta dengan kondisi batuk, flu disertai panas. Namun untuk memastikan apakah orang tersebut masuk ODP atau PDP puskesmas mengarahkan orang itu ke RSUD Bob Bazar.

BACA :  Pemkab Lamsel Raih WTP Empat Kali Berturut -Turut

“ Orang itu perempuan dari kerja di Jakarta baru pulang. Disana pernah tes kesehatan dinyatakan radang tenggorokan, pas pulang ke Lamsel periksa lagi, gejalanya batuk, flu dan demam kami arahkan ke RSUD Bob Bazar. Saat pemeriksaan kondisinya kami semua safety dengan tim mengeceknya,” sebut Kepala Puskes ini.

Masyarakat Lampung Selatan diimbau untuk tidak panik dan tetap mengutamakan safety dalam setiap kegiatan apapun. Imbauan ini juga mengarah pada social distancing guna menghindarkan diri dari ancaman covid-19.

“ Masyarakat jangan panik, belum ada PDP (pasien dalam pantauan) kita taruh diruang observasi karena untuk memantau perkembangan seperti apa, sejauh ini kondisinya tidak menunjukan gejala semacam covid-19,” ujar Juru bicara gugus penanganan covid-19 Lampung Selatan, Sefri Masdian.

Dirut RSUD Bob Bazar dr. Media belum bisa dihubungi terkait kabar tersebut. Pesan singkat maupun telpon wartawan belum direspon olehnya hingga berita ini diluncurkan. (ver/vid)