Ada Tanggung jawab Besar Dipundak Kades!

67
Randi Pratama – Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, menyematkan tanda jabatan kepada Kepala Desa Rajabasa, Hermansyah HR, saat acara pelantikan 4 kepala desa, Kecamatan Rajabasa, Selasa (20/8) kemarin.

RAJABASA – Roda pemerintahan yang baru di 4 desa, Kecamatan Rajabasa resmi dijalankan hari ini. Kemarin, Plt. Bupati Lamsel, Nanang Ermanto, melantik 4 kepala desa definitif. Mereka yang dilantik adalah Rusdi Edwar sebagai Kepala Desa Batubalak, Hermansyah HR sebagai Kepala Desa Rajabasa, Syafruddin Ali sebagai Kepala Desa Cugung, dan Syarif Hidayat sebagai Kepala Desa Hargopancoran.

Keempat kepala desa baru ini memiliki pekerjaan rumah yang banyak. Mereka harus menyelesaika program-program yang telah dijalankan pada pemerintahan sebelumnya. Mereka juga ditantang untuk membenahi sektor-sektor yang masih lemah, dan memiliki banyak kekurangan. Baik dari segi pelayanan, dan pengembangan SDM.

Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, meminta keempatnya menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baiknya. Ini wajib dilakukan karena keempatnya dipilih oleh masyarakat untuk menjadi pelayan masyarakat. Menurut Nanang, tugas kepala desa dari tahun ke tahun akan semakin berat.

BACA :  PT. SERB Bantu Alat Semprot dan Desinfektan

“Jalankan amanah, jalankan tugas dengan baik sebagai pelayan masyarakat. Pemimpin tidak boleh membodohi rakyat. Kenapa? Karena tantangan ke depan semakin berat,” ucapnya.

Nanang pun berpesan kepada kepala desa yang baru. Ditegaskan bahwa kepala desa memiliki tanggung jawab terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah desa. Mengenai dana desa (DD), Nanang mengatakan bahwa sudah ada mekanismenya penggunaannya.

“Yang jelas pemberdayaan masyarakat. Di situ ada pembagian-pembagian. Pemerintah daerah mengimbau, sifatnya mengawasi. Supaya pemerintah desa tidak menggunakan anggaran DD di luar rel dari tahapan-tahapan dan aturan,” katanya.

Mengenai rencana pembangunan, menurut Nanang hal itu berdasarkan musyawarah desa. Apapun yang akan dibangun di desa, harus sesuai persetujuan dari musyawarah tersebut. Dalam proses pembangunan, Nanang meminta pemerintah desa berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan.

BACA :  Ikut Serta Melawan Covid-19

“Koordinasi dengan kecamatan. Saya apresiasi Pak Sabtudin, S.Sos, selaku Camat Rajabasa. Kecamatan ini sekarang banyak kemajuan setelah dipimpin oleh Pak Sabtudin. Maka dari itu, kami sarankan desa mengikuti arahan dari pemerintah kecamatan,” katanya.

Selain kepala desa, acara itu juga melantik 4 Ketua TP-PKK desa. Masing-masing ketua TP-PKK merupakan istri dari kades yang dilantik. Ketua TP-PKK Lampung Selatan, Winarni Nanang, mengajak semua kader TP-PKK di kecamatan dan desa bekerja lebih keras.

“Gerakan PKK akan handal jika disertai dengan semangat kerja yang tinggi. Saya harap, kader PKK bisa melakukan langkah-langkah konsolidasi di tingkat dusun. Serta menyusum program ke depan yang sesuai dengan isu yang berkembang di tengah masyarakat,” katanya. (rnd)