Air Terjun Cecakhah Bakal Dikelola

91
Randi Pratama - Seperti inilah pemandangan air terjun Cecakhah yang terletak di dusun 1, desa Kunjir, kecamatan Rajabasa.

RAJABASA – Desa Kunjir mulai membenahi sektor-sektor wisatanya. Kali ini para pemuda, dan warga membidik air terjun Cecakhah. Wisata alam ini akan menjadi destiansi terbaru di kecamatan Rajabasa yang sebelumnya dikenal kaya dengan wisata pantai.

Air terjun yang berlokasi di belakang hunian sementara ini menjadi proyeksi pengembangan. Selain air terjun nan indah, wisata alam ini juga memiliki pemandian air panas. Prosesi pembangunan wisata ini dimulai dengan swadaya masyarakat. Sedangkan pengembangannya akan dilakukan oleh pemuda.

“Tujuan kami supaya bisa memberdayakan masyarakat yang tidak memiliki kesibukan,” kata Tokoh Pemuda Desa Kunjir, Rudi Apriandi, kepada Radar Lamsel, Kamis (27/8/2020).

Rudi melanjutkan, sejauh ini pihaknya baru memikirkan rencana jangka menengah. Air terjun Cecakhah yang terletak di dusun 1 ini akan dijadikan destinasi pariwisata alam. Sedangkan untuk konsep jangka panjangnya, Rudi mengaku belum memikirkan. Dia perlu membahasnya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

“Kalau berbicara konsep, mungkin belum ada yang greget. Yang jelas kami akan pakai nuansa alam, nanti ada gazebo sama kolam renang,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke air terjun Cecakhah, pemuda dan warga masih menggratiskan untuk sementara waktu. Lagi pula, pemuda bersama warga masih disibukkan dengan perbaikan badan jalan menuju ke lokasi air terjun tersebut. Rudi menyebut pihaknya belum mau meminta kontribusi karena belum layak menerimanya dari pengunjung.

“Mungkin sepekan lagi aturannya berubah. Kami mau kumpul dulu, kemudian mengambil keputusan,” katanya. (rnd)