Air Terjun Way Tayas Bakal Disolek

302
Ist. Radar Lamsel – Inilah air terjun Way Tayas yang bakal dipoles oleh Pemerintah Desa Sukaraja pada tahun ini.

RAJABASA – Kecamatan Rajabasa memiliki potensi wisata yang berlimpah. Baik itu wisata pantai atau alam. Air terjun Way Tayas merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi untuk berkembang. Tahun ini, air terjun yang terletak di Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa ini siap dipoles.

Pemerintah Desa Sukaraja telah merancang konsep yang bakal menjadi bahan pembaruan di lokasi air terjun ini. Rencananya, bakal ada pengadaan 3 sarana di destinasi wisata unggulan di Desa Sukaraja ini. Seluruhnya dianggarkan dari dana desa (DD) tahun anggaran 2020 ini.

“Sarana kesehatan, kebersihan, dan sarpras wisata air terjun Way Tayas,” kata Kepala Desa Sukaraja, Sarbini, kepada Radar Lamsel, Minggu (12/1/2020).

Sementara ini, pemerintah desa melalui Pokdarwis Sukaraja baru mengadakan tempat aprkir kendaraan dan toilet di lokasi Way Tayas. Sarbini mengakui perlu banyak tambahan untuk menarik wisatan agar mau berkunjung ke Way Tayas. Selain itu, inovasi juga diperlukan supaya konsep air terjun bisa sesuai dengan harapan.

“Nanti rencananya kita bikin spot-spot swafoto. Gubuk-gubuk kecil. Jembatan menuju ke air terjun. Nah, ini yang akan menjadi andalan sebagai pemikatnya,” katanya.

Selain pengembangan destinasi wisata, Pemerintah Desa Sukaraja juga bakal mengembangkan yang lain di desa. Salah satunya infrastruktur. Rencana yang sudah dirancang telah menginput sejumlah infrastruktur yang akan dibangun, misalnya jalan rabat beton, drainase, dan kolam umum.

“Kemudian ada jambanisasi juga. Untuk pelatihan dan pemberdayaan juga ada. Kami berupaya membenahi sektor-sektor yang masih kurang, dan dari tahun ke tahun kami coba memenuhinya,” katanya. (rnd)