Ajak TP-PKK Desa Ikut Serta Membangun Desa

619
Randi Pratama – PKK Kabupaten Lamsel mensosialisasikan pelatihan administrasi kepada seluruh TP-PKK desa Kecamatan Penengahan, Selasa (25/10).

PENENGAHAN – Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan memberikan pelatihan administrasi kepada TP-PKK desa se-Kecamatan Penengahan, Selasa (25/10).
Pelatihan yang dipusatkan di GSG Kecamatan Penengahan itu sekaligus mensosialisasikan hasil rapat kerja nasional (Rakernas) tahun 2015.
Sekretaris TP-PKK Kabupaten Lamsel Eka Ridwan mewakili Ketua TP-PKK Kabupaten Lamsel Jasmine Shahnaz Zainudin mengatakan, dalam rakernas tersebut terdapat perubahan pada buku-buku administrasi PKK desa dan kecamatan. Jadi, kata dia, tujuan sosialisasi itu untuk memberikan pemahaman kepada TP-PKK didesa-desa.
“Setiap tahun memang sudah diberikan bimbingan teknis (Bimtek) administrasi PKK desa. Selain itu, tujuan lainnya untuk memberikan pengarahan kepada PKK desa untuk lebih memahami mengenai keuangan PKK,” katanya.
Lebihlanjut Eka mengatakan, sosialisasi administrasi dilakukan untuk mendukung visi dan misi bapak Bupati Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum agar TP-PKK desa ikut andil dan turut serta dalam bidang pembangunan. “Administrasi masuk dalam bidang keuangan. Yang mana saat ini setiap desa sudah diberikan dana desa (DD). Ibu-ibu PKK bisa ikut membantu keuangan didesanya masing-masing bila memang diperlukan,” katanya.
Lebih jauh dia mengatakan, usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) sebagai contoh kegiatan yang membantu pendapatan dari usaha kerajinan yang bisa ikut membantu menambah pendapatan. “Misalnya, seperti pembuat kue, kerajinan dan lain-lain. Dari usaha seperti itu, beberapa kelompok kerja (Pokja) desa bisa membantu meningkatkan penjualan dan melestarikan kerajinan yang ada didesa. Bila usahanya sudah berhasil, kelak akan membantu kesejahteraan masyarakat desa dengan membuat lapangan kerja didesa,”pungkasnya. (rnd)

BACA :  Sensus Penduduk Online, BPS Targetkan 17,8 Persen di Lamsel
BAGIKAN