Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

45
Ist.Radarlamsel – Kelompok Wanita Tani (KWT) Kartini, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas sedang menyiapkan lahan pembibitan sayuran, Senin (19/10).

PALAS – Pemanfaatan pekarangan rumah menjadi lahan bertani di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas semakin menguat selama beberapa bulan terakhir.

Gerakan yang digagas oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) ini sebagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan keluarga, serta untuk memenuhi kebutuhan gizi, terlebih pada saat pandemi.

Ketua KWT Kartini, Rohmawati mengatakan, meskipun Desa Pulau Tengah merupakan salah satu desa yang memiliki sektor pertanian yang luas. Namun, pemanfaatan lahan pekarangan ini juga penting, untuk memenguhi kebutuhan pangan keluarga.

“Sebenarnya sudah lima tahun KWT berjalan. Namun pada masa pandmi ini  menanam sayuran di pekarangan rumah semakin kita kuatkan. Untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga,” ujar Rohmawati memberikan keterangan kepada Radar Lamsel, Senin (19/10).

BACA :  Baru Setahun Diperbaiki, Jembatan Rusak Lagi

Rohmawati menjelaskan, hingga saat ini setidaknya terdapa 42 ibu rumah tangga yang aktif memanfaakan pekarangan rumah menjadi kebun sayur. Tak hanya itu saja, KWT Kartini juga memiliki kolam budidaya ikan yang bisa mejadi sumber penghasilan kelompok.

“Tak hanya kepada kelompok, pemanfaatan pekarangan rumah ini juga kita terapkan kepada semua warga. Bibit sayuran bisa diambil di kebun demplot yang sudah kita siapkan,” terangnya.

BACA :  Palas Gelar Operasi Yustisi

Sementara itu Pendamping KWT Kartini Dwi Ratnawati mengungkapkan, tak hanya memanfaatkan pekarangan rumah saja. Saat KWT Kartini jua telah memiliki usaha simpan pinjam dan warung sembako.

“Tahun ini memang kegitan KWT ini semakin kita kuatkan. Tak hanya untuk anggota saja, tapi untuk semua warga agar bisa memanfaatkan pekarangan rumah. Bahkan KWT saat ini juga sudah punya simpan pinjam dan warung sembako,” pungkasnya. (vid)