Ajak Warga Sambangi Sekolah dan Posyandu

591

SIDOMULYO – Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo gencar mengajak warga untuk mendatangi imunisasi Masles dan Rubella atau campak pada Agustus – September mendatang.

Ajakan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi bagi masyarakat akan pentingnya melindungi sibuah hati dari penyakit campak yang rentang menyerang usia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun.

Kepala Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo dr. Rocky Sihombing mengatakan jajarannya sudah memasang plang informasi di sudut-sudut sekolah dan posyandu yang akan dijadikan tempat pelaksanaan imunisasi.

“ Sesuai instruksi Dinas Kesehatan Lampung Selatan, imunisasi rubella akan dilakukan di posyandu dan juga sekolah untuk anak usia 9 bulan sampai kurang dari 14 tahun,” kata dia kepada Radar Lamsel, Selasa (17/7) kemarin.

Khusus tingkat kecamatan, Rocky memaparkan tengah memaksimalkan kader yang ada ditiap desa. nantinya kata dia petugas bakal bekerjasama dengan pihak sekolah.

“ Kami sedang berupaya mensukseskan imunisasi MR ini untuk itu para kader yang ada di desa sedang dimkasimalkan perannya dalam menyambut bulan imunisasi nanti,” kata dia.

Selain pemasangan plang informasi disekolah dan posyandu, plang informasi tentang jadwal imunisasi juga bakal dibuatkan di desa-desa yang ada dikecamatan Sidomulyo.

“ Kami juga sedang mempersiapkan benner untuk desa supaya warga berdatangan ke posko imunisasi baik disekolah maupun di posyandu,” katanya lagi.

Rocky memaparkan tahapan-tahapan imunisasi sejak sebulan terakhir sudah dimulai oleh Dinas Kesehatan. Pasalnya tingkat bahaya yang bisa ditimbulkan dari campak cukup tinggi dimasyarakat.“ Sosialsiasi tingkat dinas maupun tingkat kecamatan sudah dilakukan,” katanya.

Sedangkan untuk proses imunisasi, Rocky menegaskan warga tak perlu khawatir sebab, imunisasi tak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. “ Imunisasi gratis tanpa dipungut biaya, maka kami imbau warga datang pada Agustus – September mendatang sesuai jadwal pelaksanaannya,” tutup dia. (ver)