Akhir Stimulus Listrik, PLN Tunggu Pusat 

27
ILUSTRASI

KALIANDA – Bantuan listrik stimulus kepada pelanggan R1 450 VA bersubsidi akan berakhir pada 31 Desember nanti. Namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda jika bantuan tersebut bakal berlanjut. PT. PLN sejauh ini juga belum mengabarkan kepada jajarannya.

Radar Lamsel menghubungi Manager PT. PLN Ranting Kalianda, Choky Purba, untuk menanyakan kelanjutan dari bantuan stimulus listrik. Sayang, Choky juga belum menerima pemberitahuan dari pimpinannya. Tetapi, Choky berharap bantuan itu tetap berlanjut.

“Belum ada info lagi, kami juga belum dapat pemberitahuan dari PLN pusat. Semoga sajalah masih diperpanjang,” katanya, Kamis (3/12/2020).

BACA :  IDI: Masyarakat Jangan Khawatir Divaksin

Meski demikian, pemerintah diharapkan tetap melanjutkan program itu untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. Sebab, bantuan itu sangat menyentuh masyarakat kurang mampu. Belum lagi keringanan biaya yang diberikan kepada pelanggan dengan kategori berbeda.

Sejak Mei 2020 lalu, bantuan stimulus listrik dari PT. PLN telah menyentuh pelanggan dengan daya R1 450 VA. Sedangkan pelanggan R1 900 VA subsidi mendapatkan diskon pembayaran sebesar 50 persen. Jika dihitung sampai sekarang, artinya pelanggan sudah mendapat keringanan selama 8 bulan.

BACA :  Setop Kumpul-kumpul, Vaksinasi Dimulai

Selain dua kategori itu, pemerintah juga memberi stimulus kepada dua pelanggan dengan kategori berbeda. Yaitu pelanggan bisnis kecil B1/450VA. Selanjutnya, pelanggan industri kecil I1/450VA. Tarif listrik gratis kategori 450 VA I dan B. Jangka waktu bantuan ini juga sama dengan pelanggan lain.

Namun dengan catatan, pelanggan yang mendapat bantuan stimulus tersebut harus terdaftar dalam DTSK (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). (rnd)