Akhirnya, Pencairan DD Tahap II Diproses

1173

KALIANDA – Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lampung Selatan akhirnya bisa memproses pencairan dana desa (DD) tahap II bagi seluruh desa di Lamsel.
Ini setelah pihak BPMD Lamsel memastikan seluruh desa telah menyelesaikan laporan penggunaan DD tahap I. Kepala BPMD Lamsel Drs. H. Edy Firnandi, M.Si memastikan saat ini seluruh desa dari 17 kecamatan telah melaporkan realisasi DD tahap I atau 60 persen.
Saat ini, kata Edy, BPMD tengah melakukan perekapan dan mengkoreksi seluruh laporan yang telah masuk. Sehingga, tidak terdapat kesalahan pada saat menyetorkan laporannya ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.
“Yang laporannya sudah masuk terlebih dahulu telah kami koreksi atau kami rekap. Saat ini tinggal sisanya saja. Paling lambat, Senin depan sudah kami laporkan ke pusat sebagai dasar pengajuan pencairan DD tahap II,”kata Edy Firnandi kepada Radar Lamsel diruang kerjanya, kemarin.
Setelah laporan tersebut masuk ke pusat, imbuhnya, anggaran DD tahap II akan segera di transfer oleh Kemenkeu dan masuk ke kas daerah (kasda).
“Total DD yang diterima di Lamsel adalah Rp136 miliar lebih yang diperuntukan 256 desa. Artinya, yang bakal diterima 40 persen dari alokasi dana tersebut,”tambahnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, aparatur desa hendaknya bisa segera mempersiapkan berbagai hal untuk pencairan DD tahap II tahun 2016. Agar, pada saat pencairan bisa langsung untuk melanjutkan pembangunan desa.
“Kami harap tidak ada keterlambatan dalam merealisasikan pembangunan desa setelah DD tahap II ini dicairkan. Dengan begitu, laporan realisasinya tidak terlambat untuk diserahkan ke pusat,”pungkasnya. (idh)

BACA :  ’Miskoordinasi’ KPU - Disdukcapil