Aktifkan BUMDes, Desa Rejosari Libatkan Pemuda

184
Kemas Yogi - Kades Rejosari M Teguh saat berdiskusi dengan pengurus Karang Taruna desa untuk mengaktifkan kembali BUMDes di Ruang Kades Rejosari, Senin (30/9).

NATAR – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rejosari akan kembali diaktifkan. Bahkan Pemerintah desa (Pemdes) menunjuk Karang Taruna sebagai motor dimulainya kembali BUMDes tersebut.

Kepala Desa (Kades) Rejosari M Teguh mengatakan, selama ini struktur BUMDes dan Karang taruna di desanya tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga dia mengambil inisiatif untuk merombak struktur tersebut dan menyerahkannya kepada para pemuda desa. “Saya memberikan kepercayaan penuh kepada karang taruna untuk memulai kembali BUMDes ini, bagaimana caranya agar desa memiliki Pendapatan Asli Desa (PAdes) dari BUMDes,” ungkapnya kepada Radar Lamsel, Senin (30/9).

BACA :  Hewan Peliharaan Berkaki Empat Terancam Sanksi

Disampaikannya, BUMDes itu sendiri akan bergerak dibeberapa unit usaha diantaranya penyewaan alat musik dan peralatan pesta termasuk pengelolaan sampah. “Rencananya ada beberapa unit usaha yang akan dibentu, salah satunya penyewaan alat musik,” tutur dia.

Teguh menambahkan, pihaknya sangat ingin Desa Rejosari memiliki PADes sendiri sehingga mampu menopang kegiatan desa bahkan mampu keluar dari belenggu Dana Desa (DD) kedepannya. “Ya tujuannya BUMDes itu kan agar desa bisa memiliki pemasukan sendiri sehingga tidak bergantung dengan pemerintah. Oleh karena itu saya mencoba berbagai cara agar BUMDes ini bisa bergerak dan menghasilkan,” paparnya.

BACA :  Warga Minta Baliho Paslon dan Bapaslon Ditertibkan

Selama ini sambung dia, Pemdes Rejosari memang tidak menganggarkan untuk BUMDes tersebut sebab Teguh ingin melihat kesungguhan dari pemuda didesanya untuk mengurus BUMDes itu sendiri. “Alhamdulillah sekarang karang taruna sudah siap, jadi akan kami anggarkan untuk BUMDesnya,” pungkasnya. (Kms)