AMJ Selesai, Empat Kades Dilantik Besok

218
Foto Ilustrasi

KALIANDA – Sebanyak empat kepala desa (Kades) terpilih asal Kecamatan Kalianda dan Bakauheni hasil Pilkades Serentak beberapa waktu lalu bakal dilantik, pada hari Jum’at (20/9) besok. Hal ini menyusul akhir masa jabatan (AMJ) para kades di desa tersebut telah berakhir pada 4 September lalu.

Rencananya, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang secara langsung bakal melantik Kades Sukaratu, Pematang, Negeri Pandan Kecamatan Kalianda dan Kades Hatta Kecamatan Bakauheni yang dipusatkan di Desa Sukaratu, Kecamatan Kalianda.

Kepala Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setdakab Lamsel Setiawansyah, A.P., M.Si didampingi Kasubag Pemdes dan Kelurahan Rudi Akbrata mengungkapkan, pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan pelantikan kades lanjutan dari hasil Pilkades Serentak lalu.

Pada pertengahan bulan ini, imbuhnya, terdapat empat desa yang masa jabatan kades definitif telah habis dan sudah dijabat oleh Pj Kades. “Untuk pelantikan kades lainnya masih kita jadwalkan sesuai AMJ masing-masing kepala desa,” ungkap Rudi di kantornya, Rabu (18/9) kemarin.

Dia menjelaskan, sejauh ini Pemkab Lamsel masih menyisakan sekitar 36 kepala desa terpilih yang belum dilantik. Karena, setiap kades memiliki masa waktu AMJ yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

“Kalau tanggalnya berdekatan, ada kemungkinan bisa kita gabungkan. Namun sesuai dengan kesepakatan hasil koordinasi. Makanya, kami terus melakukan komunikasi dan menyusun jadwal pelantikan kades lainnya. Supaya jadwalnya lebih tertata dan tidak berbenturan dengan agenda kegiatan pimpinan,” terangnya.

BACA :  Operasi Yustisi Tekankan Dua Sanksi

Lebih lanjut dia mengatakan, pelantikan kades terpilih itu dipastikan bakal terus bergulir hingga akhir tahun, mendatang. Sebab, ada beberapa kades yang AMJ nya berakhir di Bulan Desember.

“Yang pasti, sisa 36 kades ini ada yang AMJ nya di Bulan September, November dan Desember. Nanti kita akan sesuaikan lagi jadwal pelantikannya setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Plt Bupati H. Nanang Ermanto secara langsung telah berkeliling melantik 88 kades terpilih pada Bulan Agustus, lalu.

Bagian Otonomi Daerah (Otda) Setdakab Lampung Selatan telah menjadwalkan pelantikan tahap awal terhadap 88 kepala desa (kades) terpilih. Rencananya, pelantikan akan digelar mulai Selasa (20/8) besok (hari ini’red) hingga Selasa (3/9) yang dibagi menjadi 11 titik lokasi.

Kepala Bagian Otda Setdakab Lampung Selatan, pelantikan kades tahap awal bagi 88 desa itu merupakan yang sudah habis masa jabatannya dan saat ini dijabat oleh Pj Kades. Wilayah Kecamatan Kalianda dan Rajabasa akan menjadi yang pertama dilaksanakan sesuai jadwal yang telah disusun.

“Kami sudah berkoordinasi langsung dengan Plt Bupati Nanang Ermanto. Beliau meminta untuk segera dilakukan pelantikan agar roda pemerintahan desa bisa berjalan maksimal. Jadwal pertama besok yakni 5 Kades di Kalianda bakal dilaksanakan di Balai Desa Sukatani dan 4 Kades wilayah Kecamatan Rajabasa akan digelar di Balai Desa Rajabasa,” ungkap Setiawan di Gedung DPRD Lamsel, Senin (19/8) kemarin.

BACA :  Pengerahan Massa Pilkada Dibatasi 100 Orang

Dia melanjutkan, 88 kades yang bakal dilantik terdapat di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Khagom Mufakat ini. Meskipun secara rinci jadwal pelaksanaan pilkades telah disusun, imbuhnya, masih tetap menyesuaikan agenda kegiatan Plt Bupati jika terdapat kegiatan yang sifatnya mendesak.

“Mudah-mudahan dari jadwal yang sudah kita susun ini tidak ada agenda Pak Bupati yang sifatnya penting. Jadi, pelaksanaan bisa sesuai dengan perencanaan yang sudah kita tetapkan. Dalam satu hari kita jadwalkan dua titik lokasi. Satu titik di pagi hari yang dimulai pukul 08.00 WIB dan selanjutnya pada pukul 13.00 WIB,” imbuhnya.

Selain prosesi pelantikan kades, jelas Setiawan, isteri kades juga bakal dilantik sebagai Ketua TP. PKK Desa dan Bunda PAUD oleh Ketua TP. PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto.

“Harapannya, para isteri kades ini paham akan tugas mereka sebagai pendamping kades. Jadi, mereka para isteri kades juga memiliki peranan penting dalam memajukan desanya. Terlebih, berbagai kegiatan yang bersumber dari DD melibatkan peranan wanita yang mesti dijalankan,” pungkasnya. (idh)