Angkutan Umum dan Pasar Disemprot

88
GAMBAR ILUSTRASI

BAKAUHENI – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menunjukkan keseriusaannya dalam mencegah penyebaran virus covid-19. Setelah kantor organisasi perangkat daerah (OPD), kali ini giliran angkutan umum yang bakal disterilkan. Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan akan menyemprot angkutan umum yang beroperasi di terminal Pelabuhan Bakauheni.

“Senin (hari ini) kami lakukan di Bakauheni,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan, Ir. Muyadi Saleh, saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Minggu (22/3/2020).

Mulyadi mengatakan penyemprotan disinfektan terhadap angkutan umum, dan angkutan desa supaya masyarakat merasa aman dan nyaman saat bepergian. Menurut dia, angkutan umum akan lebih aman digunakan masyarakat bila dilakukan pencegahan dengan penyemprotan desinfektan dalam bus dan angkutan desa.

“Pemerintah daerah ingin memberikan contoh kepada pengusaha angkutan supaya mereka ikut melakukan hal yang sama secara rutin,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Lampung Selatan tengah gencar mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) yang kian meresahkan. Penyemprotan disinfektan dilakukan jajaran Satpol-PP dan Damkar disejumlah kantor pelayanan publik, sebagai langkah mensterilkan dari ancaman wabah corona, Kamis (19/3) kemarin.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol-PP dan Damkar Lamsel Ruli Fikriansyah mengungkapkan, setidaknya terdapat tiga OPD pelayanan yang disemprot disinfektan. Diantaranya adalah Satpol-PP dan Damkar, BPKAD dan Disdukcapil.

Dia menegaskan, tindakan yang dilakukan berupa penyemprotan tidak lain sebagai langkah antisipasi. Dipastikannya, sejauh ini belum ada masyarakat Lamsel yang terindikasi virus yang menyerang saluran pernafasan ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, obat semprot yang digunakan merupakan jenis clorofin yang di campur dengan air bersih. Disinfektan ini diperoleh dari laboratorium Dinas Kesehatan Lamsel.

“Jika ada kantor OPD yang meminta disemprot, kami siap melakukannya. Karena pencegahan penularan penyakit ini harus dilakukan bersama-sama. Mudah-mudahan daerah kita aman dan bebas dari virus corona,” pungkasnya.

Pada bagian lain, Kasat Pol PP dan Damkar Lamsel, Heri Bastian berinisiatif menyemprotkan disinfektan di pasar inpres Kalianda. Menyusul kekhawatiran masyarakat sekitar Kalianda yang menginginkan upaya konkrit dari pemerintah demi pencegahan covid-19.

“Kami memilik inisiatif rencana untuk melakukan penyemprotan di pasar inpres, karena banyaknya permintaan masyarakat,” kata Heri via whatsapp.

Penyemprotan sendiri akan dilakukan Senin (23/03/2020) hari ini sekitar pukul 09.00 WIB pagi dengan menyisir jalan-jalan dan tempat yang menjadi pusat keramain di pasar tersebut.

“Yang kami semprot yang kira-kira memungkinkan, seperti jalannya saja atau tempat duduk masyarakat, bukan makanannya,”

Menurutnya, pedagang tidak perlu menutup lapak dagangannya, karena tidak ada imbauan yang mengharuskan menutup pasar seperti isu yang beredar diantara para pedagang.

“Kita bergerak cepat saja, jadi pasar tetap dibuka penyemprotan tetap bisa dilakukan,” ujarnya. (rnd)