ankormar Pimpin Sertijab Danbrigif 4 Marinir/BS

464
Foto Edy - Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han) meninjau pasukan dalam upacara serah terima jabatan Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS dari pejabat lama Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E. kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar di Lapangan Apel Brigif 4 Marinir/BS, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Rabu (09/01).
PADANGCERMIN – Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han) secara resmi memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS di Lapangan Apel Brigif 4 Marinir/BS, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Rabu (09/01).
 
Jabatan Danbrigif 4 Marinir/BS diserahterimakan dari pejabat lama Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E. kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar. Sedangkan Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E. akan menempati jabatan baru sebagai Wadan Lantamal XII Pontianak.
 
Upacara sertijab tersebut diikuti oleh Empat Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari kesatuan-kesatuan Brigif 4 Marinir/BS yang terdiri dari Batalyon Infanteri-7 Marinir, Batalyon Infanteri-8 Marinir, Batalyon Infanteri-9 Marinir dan Batalyon Infanteri-10 Marinir dengan Komandan upacara Letkol Marinir Danang Ary Setiyawan,S.A.P.,M.Tr(Hanla) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Batalyon 8 Marinir.
 
Dalam amanatnya, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr(Han) menyampaikan, bahwa pergantian pejabat dalam organisasi militer adalah hal yang wajar yang merupakan bagian dari pembinaan personel secara berkesinambungan dan selalu berjalan secara dinamis sebagai bagian dari Tour Of Duty dan Tour Of Area.
 
“Serah terima jabatan ini juga diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi Brigif 4 Marinir/BS dan output yang dihasilkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas kinerja organisasi Brigif 4 Marinir/BS dan Korps Marinir secara menyeluruh,” ujarnya.
 
Dikatakan, kedudukan Brigif 4 Marinir/BS adalah sebagai komando pelaksana dibawah komando Korps Marinir, dengan tugasnya yaitu membina kekuatan kesiapan operasional satuan-satuan Brigif 4 Marinir/BS sebagai Pasukan Pendarat Amfibi TNI AL (Pasrat) dalam rangka proyeksi  kekuatan ke darat lewat laut, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis, serta operasi tempur lainnya sesuai dengan kebijakan Korps Marinir.
 
“Selain dari tugas tersebut, Brigif 4 Marinir/BS berkewajiban untuk melaksanakan operasi militer selain perang baik dalam menjaga stabilitas keamanan nasional, bantuan kemanusiaan, penanggulangan bencana alam, SAR, serta melaksanakan pembinaan potensi Maritim,” paparnya.
 
Dankormar menambahkan, guna menjamin tugas tersebut, diharapkan kepada seluruh personel jajaran Brigif 4 Marinir/BS tetap menjaga dan meningkatkan kemampuan profesionalisme sebagai seorang prajurit Korps Marinir yang memiliki integritas dan berjiwa saptamargais. Selain itu agar tetap memelihara dan menjaga sinergitas dengan aparatur pemerintahan daerah serta membina hubungan yang baik dengan masyarakat setempat dengan selalu menjaga dan menghormati norma-norma adat dan budaya yang berlaku. 
 
“Selain itu juga harus mampu menjaga kerjasama yang solid dan sinergis dengan satuan TNI/Polri lainnya untuk menjaga stabilitas keamanan dan suasana yang kondusif, khususnya di tahun 2019 yang merupakan tahun politik,” tegasnya.
 
Dankormar menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, S.E. atas Dharma Bhakti dan pengabdian serta dedikasi yang tulus dalam memimpin dan memajukan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS, serta ucapkan terimakasih Kepada Ibu Y. Arum Pratiwi, S.E. atas segala jerih payahnya dan pengabdiannya selama memimpin organisasi Jalasenastri Cabang-7 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir.
 
“Saya juga ucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh Korps Marinir kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar sebagai Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS yang baru. Dankormar yakin dan percaya dengan bekal pengalaman penugasan yang dimiliki akan mampu memimpin Brigif 4 Marinir/BS kearah yang lebih baik lagi,” harapnya.
 
Selanjutnya Dankormar berpesan kepada Danbrigif agar dapat melaksanakan pembinaan terhadap satuan-satuan dalam jajaran Brigif 4 Marinir/BS dan meningkatkan profesionalisme serta perpormance prajurit sebagai prajurit petarung yang handal dalam tugas namun tetap humanis dalam berinteraksi dengan rakyat. 
 
“Bangun soliditas, adakan kordinasi, komunikasi dan kerjasama yang baik dengan aparat TNI, Polri dan jajaran Pemda serta tokoh-tokoh masyarakat,” pesannya.
 
Selain itu, Dankormar juga mengucapkan selamat kepada Ny. Etti Wuriyanto, S. PD agar dapat mencurahkan waktu dan perhatian untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga prajurit di lingkungan Brigif 4 Marinir/BS.
 
“Kepada seluruh prajurit Brigif 4 Marinir/BS saya harap dapat memberikan dukungan sepenuhnya kepada Kolonel Marinir Ahmad Fajar sebagai Komandan Brigif 4 Marinir/BS yang baru, sehingga segala beban tugas dan tanggung jawabnya dapat terlaksana,” tandasnya.
 
Turut hadir dalam upacara tersebut Danpasmar 1, Wakapolda Lampung, Irkormar, para Asisten Dankormar, Dandenjaka, Dankolatmar, Danlamar Sby, Danrumkitmar Cilandak, Danrem 043/Gatam dan jajaran Forkopimda Provinsi Lampung beserta tamu undangan lainnya. (Esn)