Antisipasi DBD, Warga Sukamaju Bersih-bersih

648
Veridial – Masyarakat Desa Sukamaju melakukan aksi bersih – bersih lingkungan untuk mengantisipasi penyebaran DBD diwilayah setempat.

SIDOMULYO – Gerakan bersih-bersih lingkungan dilakukan masyarakat Desa Sukamaju, Kecamatan Sidomulyo. Kegiatan yang digelar bersama UPT Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo dan para TNI dari Koramil Sidomulyo itu untuk mengantisipasi penyakit demam berdarah yang mulai mewabah disejumlah kecamatan termasuk Sidomulyo.
M. Juhri, pihak yang mewakili Puskesman mengakui bahwa kegiatan bersih-bersih dilakukan untuk mengantisipasi dan memberantas penyakit DBD di Desa Sukamaju. “Nyamuk besar bisa dengan mudah dibasmi. Tetapi jentik nyamuk hanya dengan pola menjaga kebersihan memberantasnya,” ungkap dia kepada Radar Lamsel, Jum’at (29/1).
Bersih-bersih lingkungan, kata Juhri, merupakan cara yang paling efektif dalam memberantas serangan DBD pada musim pancaroba saat ini. Yakni dengan cara membudayakan 3M (menutup, menguras dan menimbun). “Kami berharap kegiatan bersih-bersih juga dilakukan oleh seluruh masyarakat Sidomulyo,” ungkap dia.
Camat Sidomulyo Samsul Jauhari mengatakan, pemerintah kecamatan terus berkoordinasi dengan UPT Puskesmas Sidomulyo dan aparat TNI untuk memberantas dan mencegah DBD. Sejauh ini, Desa Sukamaju menjadi wilayah endemis sehingga mendapatkan prioritas. Menurut Samsul, tahun 2012 lalu salah seorang warga Desa Sukamaju juga meninggal karena DBD. “Ini harus menjadi perhatian kita semua,” ungkap dia.
Sementara itu, Danramil Sidomulyo Kapten Inf. Sarjo mengatakan siap membantu aparat pemerintahan dan masyarakat dalam bergotong royong. Utamanya membersihkan lingkungan dari jentik-jentik nyamuk pembawa penyakit DBD. “TNI siap kapan pun. Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama,” ungkap dia. (CW3)

BACA :  Nanang Minta Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada
BAGIKAN