Apa Kabar Kepala OPD Hasil Lelang Jabatan?

39
Diskominfo Lamsel – Plt. Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto melantik Penjabat Sekkab Lamsel Thamrin, S.Sos di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel. Dalam kegiatan itu juga sekaligus penyerahan SPT kepada 14 pejabat sebagai Plt Kepala OPD di lingkungan Pemkab Lamsel, Rabu (15/1) kemarin.

KALIANDA – Teka-teki mengenai hasil lelang jabatan terbuka pada enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih belum terjawab. Pasalnya, hingga saat ini dikabarkan masih belum mengantongi izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melakukan pelantikan.

Ditambah lagi, adanya rotasi jabatan pelaksana tugas (Plt) dua dari enam OPD tersebut. Yakni Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) yang sebelumnya dijabat oleh Ir. Noviar Akmal diganti oleh Bibit Purwanto dan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) yang sebelumnya dijabat oleh Agustinus Oloan Sitanggang beralih kepada M. Syahroni.

Fakta ini jelas menjadi pertanda bahwa sampai saat ini Pemkab Lamsel belum memperoleh rekomendasi pelantikan hasil lelang jabatan dari Mendagri.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Plt Bupati Lamsel Akar Wibowo, SH menyebutkan, jika tahapan untuk melantik masih dalam proses. Dia juga menegaskan, jika izin rekomendasi melantik oleh Mendagri belum juga diperoleh.

“Tahapan dan prosesnya sudah ditempuh. Bahkan, sudah ada satu nama dari masing-masing jabatan itu dikirim ke Mendagri. Mungkin karena kesibukan dan Mendagri sedang tugas diluar kota jadi belum sempat ditandatangani,” ungkap Akar kepada Radar Lamsel di Kantor Bupati Lamsel, Rabu (15/1) kemarin.

Dia memastikan, rekomendasi tersebut bakal segera diterima dalam waktu dekat. “Mudah-mudahan dalam minggu-minggu ini. Kalau izin nya ada, langsung kita lantik,” tegasnya.

BACA :  Pembunuh Agung Dihukum 8 Tahun Penjara

Selain itu, dia juga menyatakan jika izin rekomendasi melantik yang dilayangkan ke Mendagri bukan hanya pada posisi Kepala OPD hasil lelang jabatan terbuka. Melainkan ditambah lagi dengan posisi 12 Kepala Bagian Setdakab sebagai implementasi nomenklatur yang baru.

“Ya kalau rekomendasinya berbarengan kenapa tidak. Pasti akan langsung dilantik secara bersamaan. Sekarang ini juga tengah melakukan penataan ASN untuk mengisi jabatan pada posisi nomenklatur baru. Selain Kepala Bagian, juga dibutuhkan adanya Kasubbag dan lainnya yang membantu pekerjaan atasannya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, nama-nama yang lolos peringkat tiga besar yakni Kepala Dinas PUPR diisi nama-nama seperti M. Syahroni, Indra Permana dan M.Yusuf; Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman; Yanny Munawarti, Aflah Efendi dan Isro Abdi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Feri Bastian, Indra Permana dan Puji Sukanto.

Kemudian, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga ; Ariswandi, Anton Carmana dan Wahyu Hidayat; Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan; Puadi, Mugiyono dan Bibit Purwanto; dan terakhir Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Puji Sukanto, Sukismanto dan Saripudin. 

Keputusan seleksi lelang terbuka tersebut, berdasarkan keputusan Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dengan Nomor : 11/PANSEL-JPTP/2019.

BACA :  Esti Nur Fathonah Beri Petunjuk

Kemudian 12 pejabat lainnya mengisi posisi Kepala Bagian (Kabag) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lamsel yang secara keseluruhan telah diberhentikan (demisioner) lantaran nomenklatur baru. Ini merujuk pada Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Bupati Lampung Selatan Nomor 36 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Susunan Organisasi serta Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Selatan.

Mereka adalah Muhammad Ali, SAN, M.IP sebagai Plt Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Khoirulloh SE, MM sebagai Plt Kepala Bagian Kerja Sama, Agus Heriyanto, SH, MH sebagai Plt Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah.

Lalu, Drs. A Kholil S. sebagai Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Setiawansyah, AP, M.Si sebagai Plt Kepala Bagian Sumber Daya Alam, Maturidi, SH sebagai Plt Kepala Bagian Perekonomian, Delfarizy, SE, MM sebagai Plt. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, dan Awaludin Wiranto, ST sebagai Plt Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah.

Selanjutnya, Tirta Saputra, SE, MM sebagai Plt Kepala Bagian Organisasi, Cahyadi, SE, MH sebagai Plt Kepala Bagian Umum, Muhammad Yusup, S.STP, MM sebagai Plt Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan Muhadi HS, S.Sos, MM sebagai Pl. Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah. (idh)

BAGIKAN