Aparatur Desa di Kalianda Dapet Bimtek Anggaran Desa

735
Idho Mai Saputra – Kepala BPMD Lamsel Drs. Edy Firnandi memberikan pemaparan pada sosialisasi anggaran desa, di Kecamatan Kalianda, kemarin.

KALIANDA – Para aparatur desa se-Kecamatan Kalianda mendapatkan bimbingan tekhnis (Bimtek) anggaran desa dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lampung Selatan, di Aula Kantor Kecamatan Kalianda, Kamis (5/11).
Bimtek tersebut merupakan kegiatan yang sebelumnya digelar di kecamatan-kecamatan lain. Yang pada intinya agar para aparatur desa bisa membuat laporan penggunaan dana desa yang bersumber dari Pemerintah Pusat agar baik dan benar.
Kepala BPMD Lamsel, Drs. Edi Firnandi, M.Si mengatakan, kegiatan dilakukan agar mewujudkan Pemerintah Desa yang baik dan bersih tanpa korupsi. “Kami menilai laporan yang dibuat para aparat desa masih meragukan mengenai pertanggungjawaban pengelolaan dana desa. Dengan kegiatan ini, diharapkan pemerintah desa dapat membuat laporannya dengan benar,”kata Edi Firnandi disela kegiatan.
Laporan keuangan dana desa, lanjutnya, seharusnya menggunakan sistem akuntansi sederhana dan mudah dipahami. Indikatornya, adanya kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar prosedur pelaksanaan.
“Harapan kami, semua faham akan bagaimana membuat laporan yang baik dan benar. Karena dari laporan tersebut, nantinya bisa mewujudkan aparatur yang bersih dan baik. Mudah-mudahan ini bisa difahami oleh peserta yang mengikuti Bimtek,”tutupnya.
Sementara itu, Camat Kalianda Setiawansyah, A.P, MSI mengatakan, pembuatan laporan pertanggunjawaban dana desa harus benar-benar dipelajari dengan sebaik-baiknya. Karena hasil pelaporan penggunaan dana desa menjadi acuan untuk pencairan tahap berikutnya.
“Dengan adanya Bimtek pelaporan penggunaan dana desa ini, mudah-mudahan aparat desa lebih paham. Jangan sampai, mereka setelah melakukan kegiatan pelaporannya tidak benar. Sehingga akan merugikan para aparatur desa itu sendiri,”singkat Setiawan usai kegiatan. (idh)

BACA :  Alat Rontgen RSUD Bob Bazar Rusak
BAGIKAN