Aparatur Desa se-Bakauheni Dapat Pelatihan

615
Randi Pratama – Pemerintah Kecamatan Bakauheni menggelar pembinaan aparat desa dalam mengelola BUMDes yang diikuti seluruh desa se-Kecamatan Bakauheni, Selasa (8/11).

Soal Pengelolaan dan Pengembangan BUMDes

BAKAUHENI – Pemerintah Kecamatan Bakauheni akan memaksimalkan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk meningkatkan perekonomian desa.

Peningkatan itu bisa terjadi jika para aparatur desa memiliki kemampuan dalam mengelola BUMDes secara profesional dan kredible.

Untuk mewujudkannya pemerintah Kecamatan Bakauheni menggelar pembinaan dan pengelolaan BUMDes yang diikuti seluruh aparatur desa se-Kecamatan Bakauheni yang digelar di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Selasa (8/11) kemarin.

Hadir sebagai pemateri yaitu Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Lampung Selatan Fiki Alhusni Tjindar Bumi, SE.

Menurut dia BUMDes adalah sebuah wadah dan/atau alat bagi pemerintah desa untuk meningkatkan perekonomian desa. Jadi, dia berharap jenis usaha yang dikelola desa harus benar-benar sesuai dengan potensi yang dimiliki desa.

BACA :  Rengkuh Penghargaan Turunkan Stunting

Tak hanya itu, aparatur desa juga harus mengerti sistem pengelolaan pengelolaan BUMDes. “Desa harus mengetahui potensi yang dimiliki. Karena itu nantinya yang akan dijadikan sebagai tumpuan usaha yang dijalankan di BUMDes,” papar Fiki.

Fiki juga menjelaskan tentang BUMDes yang bergerak dalam sistem simpan pinjam. Menurut Fiki, ditahun 2016 ini sejumlah desa hanya menganggarkan sedikit dana untuk BUMDes tersebut.

Karena itu pada tahun 2017 mendatang, diharapkan agar setiap desa yang mempunyai BUMDes dalam bidang tersebut menyiapkan modal sedikitnya Rp 100 Juta.

“Kalau modalnya besar akan ada pendapatan dari jasa bunga dari hasil peminjaman. Kita harus mempertimbangkan pertukaran uangnya selama setahun untuk mencukupi kebutuhan pembiayaan BUMDes. Bila dana yang dikembangkan hanya sedikit, mungkin akan sulit untuk membuat BUMDes nya berkembang,” katanya.

BACA :  Petaka Patwal ’oleng’, Lima Luka-luka

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris Camat Bakauheni Zaidan, SE mengatakan, dengan adanya sistem yang besar pada BUMDes bisa dimanfaatkan dengan menciptakan peluang  pekerjaan bagi masyarakat. Bila sistem  pengelolaan berjalan dengan baik, sambung Zaidan, tidak menutup kemungkinan bisa menjadikan BUMDes sebagai salah satu sumber pendapatan asli desa.

“Sesuai dengan arahan bapak Bupati Lampung Selatan Dr. H. Zainudin Hasan, M.Hum dengan semangat Ayo Bangun Desa. Melalui manajemen BUMDes, potensi yang ada bisa dijadikan peluang menumbuhkan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar Zaidan. (rnd)