Apdesi Merbaumataram Angkat Tangan

478
ILUSTRASI

Terkait Pelaksanaan DD Talangjawa

MERBAUMATARAM – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Merbaumataram angkat tangan saat ditanya tentang realisasi pembangunan Dana Desa (DD) Talangjawa.

Ketua Apdesi Merbaumataram Pudin mengatakan, dari 15 desa di Merbaumataram, hanya Desa Talangjawa yang sama sekali belum merealisasikan pembangunan dari DD tahap I tahun 2017 ini.

“Kalau Talangjawa kami angkat tangan mas, bagaimana mau diberi saran kalau Haryono Kades Talangjawa keluar dari Apdesi Merbaumataram,” kata Pudin kepada Radar Lamsel, Rabu (30/8) kemarin.

Pudin menjelaskan, Haryono tak pernah hadir ketika Apdesi bermusyawarah baik itu menyangkut pembangunan desa maupun pemberdayaan masyarakat. Hal itu memicu sentimentil antar sesama Kades se-Merbaumataram terkait sepak terjang Haryono.

BACA :  ODP Mayoritas Perantau

“Kami undang saat perkumpulan memang nggak pernah mau datang, kami ajak musyawarah nggak juga datang. Kalau sudah begini ya Apdesi juga nggak mau ikut-ikutan,” ujarnya.

Sejak dipimpin Haryono, Talang Jawa terbengkalai. Informasi itu juga sudah sampai ke telinga Apdesi, kata Pudin, bahkan kabar terkini yang bersangkutan sudah lama tak terlihat di TalangJawa.

“Memang nggak ada fisiknya di TalangJawa, entah itu rigid beton atau onderlagh. Kami nggak menutupi, dan kami bukan tidak pernah memberi arahan,” paparnya.

Sementar Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) TalangJawa Rohadi menyampaikan hingga kini belum juga ada pembangunan di desanya. Sementara tenggang waktu yang ditargetkan Agustus terkait realisasi tinggal sehari lagi. “Belum ada pembangunan mas, Kadesnya juga nggak ada dirumah,” kata Rohadi.

BACA :  PLN Kalianda Belum Tahu Teknis Listrik Gratis

Pasca tercium tak ada realisasi DD di TalangJawa oleh awak media, Haryono tak menampakan batang hidungnya di TalangJawa. Saat dihubungi Radar Lamsel melalui sambungan telepon 085263650839, dalam keadaan tak aktif.

Sebelumnya kepada Camat Merbau Mataram Yusmiati, Haryono berjanji akan segera merealisasikan pembangunan rigid beton pada Agustus ini. Agustus hampir berakhir belum ada pembangunan atau bahkan pemberdayaan masyarakat dari Dana Desa tahap I 2017 ini.

“Janjinya Agustus ini, 1 – 31 tapi kita tunggu saja. Kalau memang tak juga ada realisasi akan kita laporkan ke Pemkab. Karena masyarakatlah yang dirugikan,” ujar Camat MerbauMataram Yusmiati. (ver)