Arak-arakan, Cukur Botak, Mancing dan Do’a Bersama

2214
Edwin Apriandi – Zainudin, salah satu pendukung ZaiN yang juga Relawan Zamane mencukur gundul rambutnya pasca pasangan ZaiN unggul pada penghitungan QC dan RC pilkada Lamsel.

Banyak cara masyarakat Lampung Selatan khususnya tim pemenangan ZaiN dalam merayakan kemenangan pasangan calon H. Zainudin Hasan – Nanang Ermanto (ZaiN) pada pilkada Lamsel. Mulai dari arak-arakan, cukur botak, berdoa bersama hingga memancing bersama untuk menghilangkan strees. Seperti apa?

Laporan Edwin Apriandi, KALIANDA

PILKADA Lampung Selatan 9 Desember 2015 bisa jadi menjadi sejarah baru bagi rakyat Lampung Selatan. Sebab, pasangan calon H. Zainudin Hasan – Nanang Ermanto (ZaiN) yang diprediksi unggul dalam pilkada di Bumi Khagom Mufakat ini merupakan putera daerah.
Euforia kemenangan pun bergema pasca perhitungan cepat atau quick count (QC) dan real count (RC) dipilkada Lamsel 9 Desember sekitar pukul 15.00 WIB.
Ada yang melakukan arak-arakan, ada yang melakukan cukur botak ada juga yang menggelar mancing bersama. Euforia itu hampir dilakukan disejumlah kecamatan di Lamsel tak terkecuali di Kota Kalianda.
Ratusan Banteng Muda PDIP langsung menggelar arak-arakan menggunakan berbagai kendaraan setelah pasangan ZaiN unggul dalam penghitungan QC dan RC. Mereka berkeliling kota Kalianda dan pesisir. “Kami bersyukur atas kemenangan ini,” ungkap Satgas PDIP Lamsel Iwan Tufo.
Di Kecamatan Penengahan dan Kota Kalianda ratusan warga melakukan cukur botak. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk ungkapan syukur dan nazar para pendukung ZaiN atas kemenangan pada pilkada Lampung Selatan. Beberapa diantaranya anggota DPRD Lamsel Hamdani juga melakukan aksi cukur botak itu. Termasuk leaison officer (LO) ZaiN, Agus Bhakti Nugroho.
Firman, salah seorang pendukung ZaiN mengaku sengaja menggunduli kepalanya karena nazar. “Saya sudah meniatkan sebelum pilkada. Kalau ZaiN menang, saya cukur botak,” ungkap Firman.
Senada dikatakan Zainudin. Warga Desa Buahberak Kecamatan Kalianda yang namanya sama dengan calon Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan ini juga mencukur kepalanya botak plontos. “Ini bentuk kegembiraan kami. Kami bersyukur bang Zainudin unggul dan dipastikan akan menjadi pemimpin Lampung Selatan,” ungkap dia.
Di Kecamatan Merbaumataram, puluhan Relawan Zamane (Zainudin bersama Nanang Ermanto) melakukan mancing bersama sebagai ajang untuk merefresing diri atas perjuangan yang dilakukan selama ini.
“Teman-teman mau refresing. Yang paling mudah ya, memancing bersama. Ikannya langsung dibakar ditempat,” kata Mentor Relawan Zamane H. Dwi Riyanto kepada Radar Lamsel, kemarin.
Tak hanya memancing, para Relawan Zamane juga menggelar doa bersama usai ZaiN dinyatakan unggul dalam perolehan sementara pada pilkada Lampung Selatan. “Malam harinya kami bersama-sama berdoa. Kegiatan ini kami gelar sebagai bentuk syukur atas kemenangan ZaiN pada pilkada Lamsel,” ungkap Dwi. (*)

BACA :  Sekolah Boleh Pakai Dana BOS Cegah Corona