Asosiasi Pelaku Perjalanan Wisata Diminta Memahami 3 Fungsi Utama

61
GAMBAR ILUSTRASI

TELUKPANDAN – Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona meminta kepada para pengurus Asosiasi Pelaku Perjalanan Wisata agar memahami tiga fungsi utama keberadaannya yakni menjalankan fungsi advokasi, pendampingan dan pembelaan terhadap berbagai kepentingan pelaku usaha perjalanan wisata.

“Fungsi pembinaan dan bimbingan perlu diberikan pada pelaku usaha perjalanan wisata sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan fungsi motivator serta dinamisator diperlukan untuk dapat memberikan motivasi dan pemahaman kepada seluruh stakeholder pariwisata sehingga sinergi yang tercipta dapat makin memajukan dunia pariwisata,” ujar Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Zainal Arifin pada acara Pelantikan Dan Pengukuhan Asosiasi Pelaku Perjalanan Wisata Kabupaten Pesawaran beberapa waktu lalu.

Dikatakan Bupati, Pariwisata merupakan program prioritas pemerintah pusat maupun daerah. Perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pesawaran cukup pesat, ditandai dengan banyak investor yang membuka layanan wisata (objek wisata), serta kunjungan wisata lokal maupun luar Provinsi Lampung ke destinasi wisata yang jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun.

BACA :  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Serempak di 11 Kecamatan

Secara geografis posisi strategis Kabupaten Pesawaran dengan jarak yang dekat dan mudah di jangkau dari ibu kota Provinsi dan ibu kota Negara merupakan nilai tambah tersendiri bagi Kabupaten Pesawaran sebagai destinasi wisata. Dalam membangun pariwisata, menurutnya peran pemerintah saja tidak cukup, untuk itu diperlukan kerjasama dan sinergi antara pemerintah dan kalangan dunia usaha dalam rangka memajukan dan mengembangkan industri pariwisata kabupaten pesawaran.

“Pengusaha harus pandai melihat peluang guna mengembangkan potensi wisata dan budaya di Kabupaten Pesawaran agar lebih memperkenalkan lagi potensi wisata dan budaya Kabupaten Pesawaran kepada masyarakat luas,” ucapnya.

Kepada Ketua Asosiasi, ia juga berharap agar segera membuat rencana kerja yang in Line di dalam Visi dan Misi Bupati Pesawaran serta segala bentuk aturannya yang di sinergikan dengan kepentingan seluruh stakeholder dibidang kepariwisataan, yang memuat capaian, sasaran, tujuan yang realistis yang bisa diwujudkan. “Dan segera berkoordinasi bukan saja kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran melainkan juga dengan semua pihak lainnya,” imbuhnya.

BACA :  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Serempak di 11 Kecamatan

Selain itu ia juga menghimbau agar segera membuat model/bentuk kerjasama yang paling menguntungkan semua pihak dengan tetap berbasis pada semua aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku. “Saya berharap kepada para pengurus yang baru dilantik untuk bersama-sama menggali potensi wisata baru di Kabupaten Pesawaran, diantaranya melalui event-event wisata dan budaya yang kegiatannya tidak hanya terpusat di dalam kota Gedong Tataan, namun dapat digelar tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Pesawaran,” tandasnya. (Rus)