Awas, Angin Kencang Berpotensi Pohon Tumbang !

824

KALIANDA – Musim penghujan yang berpotensi angin kencang telah melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap pohon-pohon yang rawan tumbang, khususnya yang berada di pinggir jalan dan sekitar pemukiman warga.

Kepala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamsel Drs. M. Darmawan, MM mengakui, hujan deras disertai angin kencang telah melanda sebagian besar wilayah Lamsel. Pihaknya terus mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap segala bencana.

Darmawan mengatakan, salah satu bencana yang sering terjadi pada musim penghujan disertai angin kencang adalah pohon tumbang. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan menebang atau memangkas pohon besar yang berada disekitar pemukiman atau dipinggir jalan raya.

BACA :  Siap-siap! Kendaraan ODOL Bakal Ditilang

“Sejauh ini memang belum ada laporan terkait dengan pohon tumbang yang membahayakan masyarakat. Namun, kami terus menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati di musim penghujan ini akan musibah pohon tumbang,”ungkap Darmawan melalui sambungan telepon, Selasa (15/12).

Dia mengungkapkan, pohon-pohon rawan tumbang banyak berada disepanjang jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Lamsel. Berbagai jenis pohon tua berukuran besar yang berada di pinggir jalan itu, terangnya, sangat rawan tumbang terutama saat hujan deras disertai angin kencang.

Meski demikian, penebangan pohon-pohon tersebut tidak serta merta bisa dilakukan oleh pemerintah daerah. Sebab, sebagian besar pohon yang rawan tumbang tersebut berada di pinggir jalan nasional.

BACA :  Esti Nur Fathonah Beri Petunjuk

“Untuk menebangnya, kami harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan jajaran diatas kami. Kecuali jika ada di pinggir jalan kabupaten, kami bisa langsung menebangnya. Tetapi, jika pohon itu sudah tumbang, maka kami bisa membereskannya,”jelasnya.

Sejauh ini, lanjutnya, pohon-pohon di pinggir jalan kabupaten belum ditemukan potensi untuk tumbang. “Jika sudah ada laporan dari masyarakat setempat melalui RT, RW, kami akan langsung melakukan pengecekan sebelum menebangnya. Karena, selain tumbang akaibat angin kencang biasanya pohon patah pada bagian ranting yang juga bisa mengganggu pengguna jalan,”pungkasnya. (idh)

BAGIKAN