Awas! Malaria Mulai Menyerang

57
ILUSTRASI

KALIANDA – Malaria mulai membuat masyarakat khawatir. Pasalnya, kasus terbaru sekarang membuat salah satu warga desa Kedaton, kecamatan Kalianda, harus menjalani perawatan karena diduga terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini.

Kepala UPT Puskesmas Way Urang, Saiful Anwar, S.Km.,M.Kes mengaku belum menerima data utuh mengenai penyakit malaria di wilayahnya. Saiful akan lebih dulu mengkoordinasikan persoalan ini dengan penanggung jawab program malaria puskesmasnya.

Mantan Kepala UPT PRI Penengahan ini melanjutkan, sejatinya wilayah cakupan puskesmas Way Urang bukanlah endemik malaria. Namun melihat kasus-kasus sekarang, ada kemungkinan disebabkan oleh mobilisasi dari Kalianda ke Rajabasa yang sangat dekat.

BACA :  Ranperda KLA Disahkan

“Sehingga dimungkinkan bisa tertular. Tapi ini dimungkinkan karena hal (mobilisasi) tadi ya,” katanya saat dikonfirmasi Radar Lamsel, Senin (3/8/2020).

Saiful menjelaskan penularannya terjun karena mobilisasi. Misalnya, masyarakat kecamatan Kalianda menginap atau di tempat kerabatnya di daerah pesisir kecamatan Rajabasa. Dari sini, proses penularannya bisa terjadi karena wilayah Rajabasa memang dikenal sebagai endemik malaria.

BACA :  Disperkim Benahi 8 LPJU Rusak, Tersisa 12 Lagi

Di sisi lain, Kepala UPT Puskesmas Kalianda, Bambang Priyanto, S.Km.,M.Si mengklaim jika wilayahnya masih aman dari serangan malaria. Namun, Mantan kepala UPT Puskesmas Palas ini enggan jemawa karena malaria bisa saja menyerang kapan pun.

“Kayanya belum ada, masih aman. Tapi kita minta masyarakat tetap waspada saja,” katanya. (rnd)