Babatan Bangun Tiga Titik Rabat Beton K225

705
Proses pengerjaan dilakukan warga Desa Babatan di tiga Dusun, yakni Kubujambu, Negeriagung dan Talanggenjer.

KATIBUNG – Pembangunan infrastruktur di Desa Babatan Kecamatan Katibung terus dikebut. Tiga titik jalan rabat beton sukses direalisasikan dari Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2017.

Kepala Desa Babatan Suhartini mengatakan, dana realisasi pembangunan DD sebesar 60 persen yang difokuskan untuk pembangunan jalan sudah selesai dibangun. Tiga dusun yang dibangun rabat beton yakni Dusun Talanggenjer, Dusun Negeriagung dan Dusun Kubujambu.

“Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup red), kami membangun rabat beton dengan kualitas K225 di tiga dusun dari DD tahap pertama di tahun 2017 ini,” kata Suhartini kepada Radar Lamsel, kemarin.

Dia menjelaskan, dalam proses pembangunannya, aparatur desa bekerja dengan landasan Perbup. Hal ini dilakukan agar setiap pekerjaan tidak melenceng dari peraturan yang berlaku.

BACA :  Pemdes Banjarmasin Sukses Bangun Infrastruktur Tahun 2020

“Tentunya kami mengutamakan kualitas juga kuantitas ya. Dan memang tiga dusun tersebut sudah diprioritaskan pada perencanaan pembangunan DD tahap pertama,” paparnya.

Lebih lanjut Srikandi asal Babatan ini mengakui precepatan pembangunan di Babatan dimulai sejak dikeluarkannya DD. Tak lama dari pencairan lanjut dia, masyarakat dan aparat desa langsung kejar target pembangunan.

“Tidak kami tunda-tunda lagi, begitu dana keluar langsung kami kerjakan. Dan mudah-mudahan akhir Agustus semua pelaporan sudah klir,” tegasnya.

Hal senada juga dikatakan Bendahara Desa Babatan Rama, dijelaskannya dari tiga titik rabat beton tersebut. Aparat desa bekerja sesuai Rencana Anggaran Pembangunan (RAB).

BACA :  Pemdes Banjarmasin Sukses Bangun Infrastruktur Tahun 2020

“390.087.625 juta rupiah sudah kami realisasikan untuk pembangunan rabat beton sepanjang 8,5 x 2,5 meter,” ujar Rama memaparkan hasil kerja Pemerintah Desa Babatan.

Selain tiga titik rabat beton, pihaknya juga mengalokasikan Anggaran Dana Desa (ADD)  untuk perehapan kantor desa senilai 102.865.254, juta rupiah. Sedangkan perpustakaan desa yang juga menggunakan ADD tengah dalam perampungan dengan menelan anggaran senilai 43.352.327, juta rupiah.

Aparat Desa Babatan berharap pembangunan infrastruktur dari DD tahap pertama 2017 ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Baik dari segi kualitas juga kuantitas. “Kami bekerja dengan semaksimal mungkin untuk mencapai target Bupati Lamsel peningkatan infrastruktur jalan,” tandasnya. (ver)