Balinuraga Kebut Pembangunan

746

WAYPANJI – Realisasi Dana Desa (DD) 60 persen tahap I 2017 dimanfaatkan Desa Balinuraga Kecamatan Way Panji dengan meningkatkan infrastruktur yang ada di desa.

Hasilnya, DD tahap I yang sudah direalisasikan pembangunannya berupa jalan lapen sepanjang 2.200 meter penghubung Dusun VI dan Dusun VII.

Kepala Desa Balinuraga Made Santre mengatakan berkat adanya DD geliat pembangunan amat dirasakan manfaatnya. Terutama dengan kondisi jalan desa yang terus dibenahi.

Foto 4

“Untuk tahap I kami sudah merealisasikan sepanjang 2.200 meter jalan lapen penyambung dua dusun,” kata Made Santre kepada Radar Lamsel, di Balai Desa Balinuraga, Rabu (15/11) kemarin.

Menjabat sebagai pemimpin ke-11 di Desa Balinuraga, Made Santre bertekad mengusung perubahan besar untuk desa yang dipimpinnya. Segala aspek perlahan dibenahi, mulai dari sektor pembangunan, pertanian, hingga kegiatan pemberdayaan masyarakat tak luput dari perhatiannya.

“Selain infrastruktur jalan, kami juga membangun tak kurang dari 4 unit gorong-gorong di Dusun, I, II, IV, dan V, untuk mempermudah akses antar dusun,” terangnya.

BACA :  Video Camat Bakauheni Tunggu Kajian Bawaslu

Tak sampai disitu, pembenahan talut juga tak luput dari sasaran pembangunan DD tahap I 2017. Sepanjang 200 meter talut di Dusun VI – VII sudah direalisasikan.

Begitu juga dengan infrastruktur tambahan seperti pemasangan papan nama jalan. Sebanyak 39 nama jalan sudah tertancap dan tersebar di tujuh Dusun yang ada di balinuraga.

“Talut sepanjang 200 meter, khusus nama jalan kami juga memasang papan nama jalan. Jadi setiap 39 titik jalan yang ada di desa diberi nama,” terangnya.

Selama satu periode menjabat, Made Santre mengaku puas dengan respon masyarakat yang ingin sama-sama memajukan pembangunan di Balinuraga. Sebab, kemajuan memerlukan dukungan dan kerjasama antara warga dan pemerintah desa.

Foto 5

“Sejauh ini antara masyarakat dan pemerintah desa perlahan bergerak maju. Pembenahan infrastruktur jalan, serta berbagai kegiatan yang ada di desa tak luput dari dukungan warga,” ungkapnya.

BACA :  Dua Kandidat Sudah Disambangi PKS

DD Berperan Penting Menopang Pembangunan

Peran Dana Desa amat signifikan atas pembangunan yang ada di Desa Balinuraga. Aparatur desa berharap apa yang tengah dibangun bisa dijaga dan dipergunakan dengan baik.

“Apa yang sudah dibangun adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap kemajuan desa, dan kami mengajak warga untuk sama-sama menjaga dan mempergunakan dengan baik,” ujar Made Santre.

Sementara Kepala Urusan (Kaur) Administrasi Desa Balinuraga Ketut Seneng mengatakan sejauh ini realisasi DD tahap I sudah direalisasikan. Keterbukaan informasi juga terpampang di balai desa untuk mempermudah bagi warga yang ingin mengetahui peruntukan DD.

“Artinya, Balinuraga terus berupaya mempercepat pembangunan. Ditambah lagi saat ini tengah mengerjakan DD 40 persen tahap II yang sudah mulai dijalankan,” terangnya. (ver)

BAGIKAN