Bandaragung Siap Tertibkan Administrasi Kependudukan

349

SRAGI – Pemerintah Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi terus berupaya mewujudkan desa yang tertib dalam pendataan administrasi kependudukan.

Guna mewujudkan itu, dengan bekerjasama Pemerintah Kecamatan Sragi, Pemerintah Desa Bandaragung memberikan sosialisasi pendataan administrasi kependudukan kepada Kepala Dusun (Kadus) dan Ketua RT desa setempat, Senin (3/12).

Kepala Desa Bandar Agung  Samsul mengatakan, sosialisasi sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada Kadus dan Ketua RT tentang teknis pendataan administarasi kependudukan.

“Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada Kadus dan ketua RT tentang teknis melakukan pendataan administrasi kependudukan,” kata Samsul kepada Radar Lamsel.

Samsul menerangkan, lemahnya sumber daya manusia (SDM) Kadus dan Ketua RT selaku petugas pendataan penduduk akan berdampak pada terlambatnya pelaporan jumlah penduduk.

BACA :  Ayam Bantuan Mati, Diganti Ayam Pilek

“Seperti pelaporan kematian, kelahiran atau pindah kadang pelaporannya sering terlambat karena mereka belum memahami teknisnya. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan tidak akan terjadi lagi,” ungkapnya.

Sekretari Desa Bandar Agung Asikin menambahkan, selain memberikan teknis tentang pendataan administrasi kependudukan, dalam sosialisasi ini kadus juga diberikan pengetahuan tentang kelengkapan berkas administrasi pembuatan KTP dan KK.

“Selama ini yang jadi kendala masyarakat yaitu kelengkapan berkas saat membuat KTP dan  KK. Harapan ini juga bisa disosialisasikan ke masyarakat,” ucapnya.

BACA :  Petambak Swadaya Normalisasi Parit

Sementara itu, Camat Sragi Bibit Purwanto, SP mengharapkan setelah adanya pelatihan ini aparatur desa dapat lebih aktif dalam memberikan laporan tentang perkembangan jumlah penduduk yang ada di desa.

“Data administarsi kependudukan ini sangat penting karena semua bantuan untuk masyarakat yang digulirkan pemerintah berpedoman pada data kependudukan. Maka dari itu saya mengharapkan kepada aparatur desa bisa aktif dalam memberikan laporan data jumlah penduduk setiap bulannya,” pungkasnya. (vid)