Bangun Pasar, Desa Muara Putih Hidupkan Ekonomi Kerakyatan

202
Kades Muara Putih H Imron bersama istri saat meletakan batu pertama pembangunan pasar.

NATAR – Berbeda dengan desa lain yang fokus membangun infrastruktur jalan, Desa Muara Putih justru memilih bidang ekonomi kerakyatan dengan fokus membangun pasar. Hal itu sesuai dengan permintaan masyoritas masyarakat yang berharap adanya perhatian khusus terhadap perekonomian.

Dana Desa (DD) tahap I 2020 kali ini dimanfaatkan untuk membangun Pasar simpang, Dusun Sidomukti yang puluhan tahun lalu sempat menjadi pilihan utama warga disekitar itu.

Kepala Desa Muara Putih H Imron mengatakan, antara pasar ataupun jalan kepentingannya sama besar sebab berkaitan dengan perekonomian juga. Namun saat ini pihaknya mendahulukan pasar karena mayoritas warga menginginkan hal tersebut. “Jalan sangat penting, tetapi pasar ini juga penting sebab dari pasar akan meningkatkan perekonomian warga,” tuturnya.

BACA :  Belasan Juta Daftar Regular, Sartipikat Malah Terbit Lewat PTSL

Imron menambahkan, Pasar Simpang merupakan salah satu pasar yang memiliki pengunjung cukup besar pada 15 tahun lalu, namun lima tahun belakang justru pasar tersebut ditutup. “Saya ingin apa saja yang sudah memberikan kontribusi terhadap kehidupan masyaakat untuk dihidupkan kembali,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bangunan pasar sendiri rencananya akan mampu menampung 48 pedagang dengan 3 los yang berukuran 5×15 meter. “Satu los itu ukurannya 5×15 meter dalam RABnya, tetapi realisasinya mungkin akan menjadi 5×16 meter, satu meternya dari kepala desa,” ucap dia.

BACA :  Dua Perusahaan Berbagi CSR di Banjarnegeri

Disisi lain, Camat Natar Eko Irawan mengapresiasi upaya Pemerintah Desa Muara Putih yang melihat peluang besar untuk menigkatkan perekonomian warga desa dengan membangun pasar. “Pemikirannya sangat baik, memang lokasi dusun yang jauh dari pasar natar membuat potensinya sangat besar,” pungkas dia. (adv)