Bantuan Pakan Ikan Sentuh Lima Kelompok

43
Idho Mai Saputra – Kepala Dinas Perikanan Dr. Meizar Malanesia memberikan bantuan pakan ikan air tawar kepada kelompok pembudidaya ikan dikantornya, Senin (25/11) kemarin.

KALIANDA – Sebanyak 5 ton bantuan pakan ikan didistribusikan kepada lima kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) air tawar yang ada di Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini merupakan upaya kongkret Dinas Perikanan dalam mendorong peningkatan produksi ikan air tawar di Kabupaten Khagom Mufakat ini.

Kepala Dinas Perikanan Lamsel Dr. Meizar Malanesia mengungkapkan, lima ton pakan ikan air tawar ini diperuntukan jenis ikan lele dan patin. Bantuan ini diperoleh dari hasil jemput bola jajaran Dinas Perikanan ke Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan pakan ikan air tawai dari balai besar pada tahun ini. Sehingga, para kelompok pembudidaya ikan air tawar bisa terbantu ditengah mahalnya pakan pabrikan belakangan ini,” ungkap Meizar dikantornya, Senin (25/11) kemarin.

BACA :  90 Siswa SD Adu Kemampuan di KSN Tingkat Kecamatan

Dia menjelaskan, bantuan pakan ikan air tawar ini merupakan prodyk BBPBL yang telah melalui uji laboratorium. Diharapkannya, bisa memberi sedikit stimulan kepada para pembudidaya untuk melepas ketergantungan terhadap pakan ikan pabrikan yang harganya semakin tinggi.

“Apalagi, pakan ikan bantuan ini bisa didapatkan oleh para pembudidaya dengan harga Rp 6000 per kilogramnya. Karena dari hasil uji lapangan dan laboratorium sejak Tahun 2017, pakaN ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi,” terangnya.

BACA :  Nanang Paparkan RDTR Perkotaan Natar

Lebih lanjut dia mengatakan, lima kelompok pembudidaya ikan yang memperoleh bantuan pakan ini diantaranya adalah Pokdakan Mina Cempaka Jatiagung, Pokdakan Sinas Karya Bakauheni, Pokdakan Mina Agung Sidoharjo Way Panji, Pokdakan Mitra Restu Jaya Palas dan Pokdakan Mina Harapan Jaya Tanjung Jaya Palas.

“Dari 12 Pokdakan yang kita usulkan, hanya ada lima pokdakan ini yang mendapat bantuan. Tentu saja, hal ini sudah melalui tahap verifikasi proposal langsung dari pihak BBPBL di lapangan. Kita juga sangat bersyukur sejak tahun 2017 kita rutin mendapat bantuan pakan dari balai besar,” pungkasnya. (idh)

BAGIKAN