Bantuan Stimulus Listrik Diperpanjang hingga Desember

43
Ilustrasi

KALIANDA – Kabar baik kembali menghampiri masyarakat. PT. PLN memastikan bantuan listrik stimulus kepada pelanggan dengan daya R1 450 VA bersubsidi diperpanjang hingga bulan Desember 2020. Sedangkan pelanggan R1 900 VA subsidi tetap mendapatkan diskon sebesar 50 persen.

Bagi pelanggan pascabayar, listrik gratis atau diskon otomatis akan langsung diberikan di tagihan listrik pascabayar, dan berlaku pada waktu yang sama. Sementara bagi pelanggan prabayar, token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari 3 bukan terakhir. Berlaku juga hingga Desember 2020.

Namun dengan catatan, pelanggan yang mendapat bantuan stimulus tersebut harus terdaftar dalam DTSK (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Manager PT. PLN Ranting Kalianda, Joki Purba, mengatakan pemberitahuan perpanjangan listrik stimulus itu dikeluarkan pada bulan lalu.

BACA :  Sosialisasi Netralitas Pilkada Sasar Kades

“Tepatnya pada bulan Agustus 2020 lalu. Begitu informasi yang saya terima,” katanya saat dihubungi Radar Lamsel, Rabu (23/9/2020).

Sebelumnya, Humas PT. PLN UID Lampung, Junarwin, mengatakan perpanjangan program subsidi tagihan listrik ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat yang paling terdampak akibat kelesuan ekonomi karena pandemi Covid-19.  Menindaklanjuti kebijakan diatas, PLN siap untuk melanjutkan dan menyukseskan program tersebut.

“Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan, maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian stimulus Covid-19 sebelumnya,” katanya.

Secara sistem, perpanjangan tersebut dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan pelaksanaan stimulus yang pertama. Karena, lanjut Junarwin, program ini sifatnya perpanjangan. “Kami pastikan tepat waktu dan tepat sasaran, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) dari Kementerian Sosial,” ucapnya.

BACA :  Terkuak Tempat Usaha Penunggak Pajak

Token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara membuka alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon). Langkah selanjutnya masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar. Terakhir, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara. Pertama buka Aplikasi WhatsApp. Kemudian chat WhatsApp ke nomor 0812-2123-123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan. Setelah itu token gratis akan muncul. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. (rnd)