Bantuan Untuk M. Tohir Aji Terus Mengalir

686
Idho Mai Saputra – Dinkes Lamsel salurkan bantuan ke rumah M. Tohir Aji, penderita kunker kulit warga Desa Sukaratu, Kecamatan Kalianda, Selasa (28/6).

KALIANDA – Berbagai bantuan dari masyarakat maupun pemerintah terus mengalir untuk M. Tohir Aji penderita kunker kulit warga Desa Sukaratu, Kecamatan Kalianda.
Kali ini, bantuan tersebut datang dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Selatan dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kalianda, Selasa (28/6).
Kepala Puskesmas Kalianda dr. Djohardi yang datang didampingi oleh Kasi Yankes Dasar dan Rujukan Dinkes Lamsel Ana Arina, SKM langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada Maymunah, isteri M. Tohir Aji.
Djohardi mengatakan, sebelumnya pihaknya sebagai tenaga medis pernah menangani pasien tersebut. Namun, keterbatasan peralatan medis menjadi penghalang untuk membantu pasien.
“Kami hanya bisa mengarahkan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS), sehingga pak M. Tohir sekarang bisa dirawat di RSCM Jakarta,”ungkap Djohardi, kemarin.
Dia berharap, agar pasien bisa dirawat secara intensif di RSCM Jakarta. Jangan sampai pulang sebelum dinyatakan sembuh oleh tenaga medis disana. Sebab, banyak pengalaman si pasien tidak betah dirawat dengan berbagai macam alasan.
“Keluarga yang menjaga di RSCM juga tidak perlu banyak. Yang mengerti soal urusan administrasi saja. Agar biaya hidup tidak terlalu besar. Sementara yang dirumah, bisa mencari dana untuk biaya hidup keluarga yang menunggu di RSCM,”imbuhnya.
Pihaknya juga mempersilahkan keluarga untuk ke Puskesmas atau Dinkes Lamsel apabila ada yang dipertanyakan soal rujukan pasien. “Kami akan membantu sekemampuan kami. Silahkan tanyakan ke puskesmas atau ke Dinkes,”tutupnya.
Sementara itu, Maymunah sangat berterimakasih atas kepedulian warga dan para pejabat di Lampung Selatan. Dia mengaku sering mengobati suaminya sejak menderita penyakit yang sudah menahun tersebut.
Bahkan, melalui jalan tradisional juga telah diusahakan oleh pihak keluarga. “Sekarang ini saya bersyukur suami saya bisa dirawat dan cepat dirujuk ke Jakarta. Mudah-mudahan, dia bisa pulih dan berkumpul bersama keluarga disini. Kepada yang sudah banyak membantu saya ucapkan terimakasih,”singkat Maymunah.
Diketahui, M. Tohir Aji telah menderita kunker kulit sejak delapan tahun silam. Saat ini, M. Tohir Abas telah dirujuk ke RSCM Jakarta sejak, Kamis (23/6) malam lalu, setelah sebelumnya di bawa ke RSUD dr. Abdoel Moeloek Bandarlampung. (idh)

BACA :  Diduga Begal, Dua Pemuda Dihajar Massa
BAGIKAN