Banyak Jalan Provinsi yang Rusak di Kota Kalianda

906
anggota Komisi C DPRD Lamsel Jenggis Khan Haikal

Dewan Usul Jalan Provinsi di Hibahkan saja ke Pemkab

KALIANDA – Kerusakan jalan provinsi yang berada di wilayah Kota Kalianda dan sekitarnya menjadi perhatian khusus Komisi C DPRD Lampung Selatan.

Selain banyaknya keluhan dari masyarakat kota, jalan yang seharusnya menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi itu tak kunjung diperbaiki.

Lantaran tak ada kejelasan mengenai hal tersebut jajaran Komisi C DPRD Lamsel mengusulkan agar jalan provinsi tersebut dihibahkan saja ke Pemkab Lamsel. Hal itu dilakukan agar perbaikan jalan bisa dilakukan Pemkab Lamsel.

Sejauh ini kerusakan jalan provinsi yang berada di Kota Kalianda terdapat pada dua lokasi. Yang pertama, di Jalan Raden Intan Kalianda terdapat beberapa titik jalan berlubang parah dan di Jalan Veteran Atas, Kelurahan Kalianda yang nyaris terputus karena gorong-gorong sudah amblas sekitar 30 centimeter.

BACA :  Waspada Puncak Musim Hujan!

“Ini wajah kita (Lampung Selatan’red). Masyarakat mana tau bahwa sesungguhnya kewenangan perbaikan jalan itu adalah pihak provinsi. Yang selalu disalahkan kita yang ada disini. Kita harus segera mencari solusi untuk melakukan perbaikan,”ujar anggota Komisi C DPRD Lamsel Jenggis Khan Haikal digedung DPRD Lamsel pekan lalu.

Jenggis mengaku telah turun langsung melihat kondisi di dua lokasi yang berada di kawasan Kota Kalianda ini. Bahkan, dirinya mengaku prihatin akan kondisi jalan rusak yang berada di kawasaan perkotaan.

Upaya yang telah dilakukannya, adalah mengajukan pelimpahan aset jalan tersebut ke kabupaten. Sehingga, apabila terjadi kerusakan bisa langsung ditangani oleh pemerintah daerah.

BACA :  Sensus Penduduk Online, BPS Targetkan 17,8 Persen di Lamsel

“Kita terus mendorong supaya jalan provinsi yang ada di Kota Kalianda ini dihibahkan ke pemkab. Artinya, memperpendek rentan kendali. Supaya, ada keluhan masyarakat bisa segera dianggarkan. Karena, memang berada pada titik krusial Kota Kalianda. Mudah-mudahan, upaya kita meminta kewenangan atau hibah jalan ini bisa terkabulkan,”pungkasnya.

Terpisah, Plh. Kepala UPT DPU Kecamatan Kalianda Hermawan mengaku sudah sering kali mengajukan proposal ke Pemprov Lampung berkenaan dengan perbaikan jalan tersebut.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pemprov. Mudah-mudahan, tahun depan bisa menjadi prioritas. Karena, memang kiondisi jalan itu rusak parah,”singkat Hermawan. (idh)

 

BAGIKAN