Banyak Kecamatan yang Belum Salurkan Zakat ke BAZNAS

655
Istimewa For Radar Lamsel – Ketua BAZNAS Lamsel Burhanuddin, S.HI., bersama Camat Rajabasa Sabilal, SE dan sejumlah masyarakat usai sosialisasi zakat di Masjid Jami’ At-Taqwa desa Banding, Jum’at pekan lalu.

Sosialisasikan Zakat melalui Mimbar Sholat Jum’at

KALIANDA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya meningkatkan partisipasi zakat di kalangan pegawai pemerintahan khususnya dilingkungan kecamatan di Bumi Khagom Mufakat ini.

Langkah yang dilakukan adalah dengan menjadwalkan Sholat Jum’at keliling kecamatan untuk mensosialisasikan program zakat, infaq dan sodaqoh. Pasalnya, masih banyak kecamatan yang belum menyalurkan zakatnya ke BAZNAS Lamsel.

Ketua BAZNAS Lamsel Burhanuddin, S.HI., mengungkapkan, langkah tersebut diambil atas dasar minimnya perolehan zakat, infaq dan sodaqoh di kalangan pegawai pemerintah kecamatan. Bahkan, ada beberapa kecamatan yang belum sama sekali menyetorkan zakat profesinya ke BAZNAS.

Padahal, program zakat, infaq dan sodaqoh merupakan salah satu program yang dicanangkan langsung Bupati Lamsel H. Zainudin Hasan.

BACA :  Plh. Asisten Ekobang Mulai Disiapkan

“Kita akui masih ada kecamatan yang sama sekali belum memberikan kontribusi menyetorkan zakat ke BAZNAS Lamsel. Padahal, kami sudah memberikan surat himbauan mengenai zakat profesi. Bahkan, besaran zakat profesi sesuai nilai penghasilan sudah kami lampirkan,”ujar Burhanudin di Sekretariat BAZNAS, kemarin.

Dia menjelaskan, kecamatan yang sama sekali belum menyalurkan zakat, infaq dan sodaqoh diantaranya adalah Kecamatan Natar, Merbaumataram, Tanjungsari, Tanjungbintang, Penengahan, Candipuro, Way Sulan dan Ketapang.

“Kami harap, melalui sosialisasi pada mimbar Jum’at bisa memberikan pemahaman kepada pegawai. Yang pada muaranya bisa menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS. Kami juga meminta Camat agar aktif mensukseakan program zakat, infaq dan sodaqoh ini,”imbuhnya.

BAZNAS, lanjutnya, sudah memulai program sosialisasi ke kecamatan-kecamatan pada pekan lalu. Kecamatan pertama yang telah diberikan sosialisasi adalah wilayah Kecamatan Rajabasa. Selanjutnya, akan diteruskan ke wilayah kecamatan lain sesuai tim yang telah di bentuk.

BACA :  Lamsel Berkabung, RIP Darol

“Kami sudah menghubungi para camat untuk menunjuk salah satu masjid yang jamaahnya lumayan banyak. Kita juga minta untuk mengundang para pengusaha dan pegawai untuk Sholat Jum’at disitu. Pada intinya, kita ingin mengetahui apa kendalanya sehingga mereka belum menyalurkan zakat,”tutupnya.

Terpisah, Camat Rajabasa Sabilal, SE membenarkan jika telah mendapatkan sosialisasi dari BAZNAS Lamsel. Pihaknya sangat menyambut baik upaya tersebut dan siap mensukseskan program yang telah dicanangkan.

“Dari sosialisasi itu kami akan himbau jajaran pegawai untuk dapat mengumpulkan zakatnya. Karena, memang ini sudah menjadi program dari Bupati yang harus bersama kita sukseskan,”pungkasnya. (idh)